FlLSAFAT PENGEMBANGAN KURIKULUM

ANIK GHUFRON,

Abstract


Aliran filsafat pendidikan manakah yang dijadikan landasan dalam pcngembangan kurikulum yang berlaku secara resmi di Indonesia? Secara teori, scmua pihak sepakat bahwa kurikulum resmi yang berlaku di Indonesia dikembangkan berlandaskan aliran filsafat tertentu. Namun, jika melihat reality implcmentasi kurikulum di kolas terkesan bertentangan dan bahkan bertentangan dengan yang diteorikan. Seolah-olah implementasi kurikulum lepas dari desainnya.

Kita sepakat jika filsafat pendidikan dapat dipakai sebagai landasan pengembangan kurikulum, terutama untuk kepentingan menentukan frame of reference tentang rumusan tujuan pendidikan, hakekat pembelajaran, dan sistem penilaian. Apapun desain dan model pengembangan kurikulum yang berlaku di sekolah hares memiliki landasan filosofi guna optimalisasi implcmcntasi kurikulum.

Ada beberapa aliran filsafat pendidikan yang dapat dipakai sebagai landasan pengembangan kurikulum. antara lain; perenialism, esensialism, progresivism, dan rekonstruksionism. Dari beberapa aliran filsafat tersebut, nampaknya kira perlu memutuskan bahwa Pancasila harus dijadikan landasan filosofi dalam pengembangan kurikulum.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v1i9.5863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Our journal indexed by:

  

View My Stats