KEEFEKTIFAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH

MM WAHYUNINGRUM,

Abstract


Kepemimpinan merupakan salah satu variabel yang dapat mempengaruhi kinerja. Kepala sekolah sebagai pernimpin adalah orang yang mempunyai kemampuan mempengaruhi guru dan staf untuk melakukan pekerjaannya sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Pencapaian tujuan tersebut dapat dilihat dari peningkatan kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah dapat dilakukan dengan menerapkan fungsi-fungsi menejemen dalam merencanakan, mengorganisir, dan mengevaluasi visi, misi, clan tujuan sekolah yang sudah ditetapkan secara bersama.

Kinerja guru merupakan kualitas dan kuantitas yang dicapai dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar secara bertanggung jawab. Kinerja merupakan penyelesaian tugas-tugas yang dilimpahkan kepala sekolah kepada guru. Tugas guru dapat dibedakan menjadi dua yaitu bidang akademik yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan adminiatrasi.

Keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah dalam memimpin sekolahnya ditunjukkan oleh meningkatnya kesadaran para guru untuk meningkatkan kinerjanya, meningkatnya ketrampilan guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran, meningkatnya prestasi guru secara professional, dan meningkatnya prestasi belajar peserta didiknya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v2i10.5839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Our journal indexed by:

  

View My Stats