Fasilitasi vaksinasi masyarakat marjinal

Tristanti Tristanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muhammad Dhiauddin Ahnaf, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Fasilitasi dalam konteks ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar lebih berdaya atau memiliki daya untuk melakukan seuatu serta memiliki kekuasaan untuk mengambil keputusan terhadap sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan dan kebutuhannya. Fasilitasi vaksinasi bertujuan untuk mengembangkan kesadaran dalam bidang kesehatan khususnya dalam hal vaksinasi sebagai bentuk penanggulangan covid-19. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan. Tindakan yang diberikan berupa fasilitasi vaksinasi. Fasilitator berperan sebagai mediator dan transporter. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tindakan dalam bentuk fasilitasi vaksinasi dilaksanakan dalam tiga tahap yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil pemberian Tindakan adalah mulai ada kesadaran yang terbangun pada masyarakat. Kesadaran yang terbangun dalam masyarakat adalah kesadaran untuk mengikuti vaksinasi sebagai Langkah awal untuk lebih berdaya dan memiliki daya dalam bidang kesehatan. Dari hasil dan evaluasi fasilitasi vaksinasi yang telah dilakukan, fasilitasi vaksinasi yang dilakukan cukup berhasil dan membawa manfaat untuk masyarakat marjinal di Kledokan.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, D., Herwin, H., & Dahalan, S. C. (2022). How elementary school teachers assess students’ psychomotor during distance learning. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 58-65.

Faiqoh, P., & Desmawati, L. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Home Industri Batik Sekar Jagad di Dusun Tanuraksan Desa Gemeksekti Kabupaten Kebumen. Lifelong Education Journal, 1(1), 23-34.

Fitriyani, S. N., Tri, D., & Faridh, A. (2021). Intervensi komunitas majelis pemberdayaan masyarakat Muhammadiyah pada kelompok marginal Piyungan Yogyakarta. Al- Hikmah, 7 (1), 74–99.

Herwin, H., & Dahalan, S. C. (2022). Technological integration factors in parental involvement during distance learning. International Journal of Information and Education Technology, 12(7), 637-642.

KBBI. (n.d.). Arti kata fasilitas - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. 2021. Retrieved December 16, 2021, from https://kbbi.web.id/fasilitas.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu model evaluasi program pendidikan. At-Ta’dib, 6(1), 111-125.

Maryani, D., & Nainggolan, R. R. E. (2019). Pemberdayaan masyarakat. Deepublish.

Rahman, R. (2019). Peran agama dalam masyarakat marginal. Sosioreligius, 4(1), 80-89.

Sulaiman, E. S. (2021). Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan: Teori dan implementasi. UGM Press.

Widodo, A. S., Safriyani, H., & Sutrisno. (2018). Teknik fasilitasi dalam pemberdayaan masyarakat. UMY Repository.

Wuryandani, W., Zubaidah, E., Herwin, H., & Jhon, W. (2021). Online learning in primary school during Covid-19 Pandemic: How does it look like? Journal of Education Research and Evaluation, 5(3).




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.52093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats