Hubungan self awareness dengan disiplin belajar peserta Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) SD Negeri Gugus 01 Kecamatan Ngawi

Arina Septianingtias, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Herwin Herwin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self awareness dengan disiplin belajar peserta AKM SD Negeri Gugus 01 Kecamatan Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta AKM SD Negeri Gugus 01 Kecamatan Ngawi pada tahun 2021 sebanyak 120 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 92 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala self awareness dan disiplin belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self awareness dengan disiplin belajar peserta AKM SD Negeri Gugus 01 Kecamatan Ngawi yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,859 bernilai positif dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Tingkat hubungan yang dimiliki variabel self awareness dengan variabel disiplin belajar adalah sangat kuat.

Kata kunci: Asesmen kompetensi minimum, self awareness, disiplin belajar


Full Text:

PDF

References


Agustiningrum, S. (2021). Pengaruh Keteladanan Guru dan Kesadaran Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTS Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi, tidak diterbitkan, IAIN Ponorogo, Ponorogo.

Ambarwati, D., Herwin, H., & Dahalan, S. C. (2022). How elementary school teachers assess students’ psychomotor during distance learning. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 58-65.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Goleman, D. (2017). Emotional Intelligence (T. Hermaya, Ed.; ke-17). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Herwin, H., & Dahalan, S. C. (2022). Technological Integration Factors in Parental Involvement during Distance Learning. International Journal of Information and Education Technology, 12(7), 637-642.

Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran

Kemendikbudristek. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Asesmen Nasional. 1–10. Jakarta.

Mahirah. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, 1(2), 257–267.

Ma’sumah, S. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Pertahanan Kabupaten Kebumen. In Skripsi. Universitas Negeri Malang

Mawaddah, N., & Qalbi, M. 2016. Mengajar Anak Kelas 5 SD: Pahami Psikologisnya, Cara Manajemen Kelas hingga Metode Pembelajaran, Artikel Sekolah Non Formal FEB UI.

Mumpuni, T. (2018). Hubungan Self Awareness Dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VI MI An Nur Deyangan Mertoyudan Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah ’Aisyiyah, 385–395.

Ningrum, W. S., Herwin, H., & Dahalan, S. C. (2022). How Elementary School Teachers Integrate Technology in Social Studies Learning during the COVID-19 Pandemic? Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 1-16.

Saputri, S. (2021). Hubungan Antara Kesadaran Diri (Self Awareness) Dengan Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Jambi, Jambi.

Sartono, E. K. E., Ambarsari, R., & Herwin, H. (2022). Interactive multimedia based on Indonesian cultural diversity in Civics learning in elementary schools. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(4), 1192-1203.

Sudarmono, A., & Kurniawati, E. (2017). Pengaruh Kesadaran Diri Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX SMPN 9 Sampit. Jurnal Paedagogie, V(2), 79–85.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tu’u, T. (2008). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Wati, E, R. (2019). Pengaruh Self Awereness dan Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Wuryandani, W., Zubaidah, E., Herwin, H., & Jhon, W. (2021). Online Learning in Primary School during Covid-19 Pandemic: How Does It Look Like?. Journal of Education Research and Evaluation, 5(3), 350-361.

Yuliyantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, DAN XII DI SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35–44.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.49497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats