Pendampingan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas di sekolah dasar pada era kenormalan baru

Pratiwi Pujiastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fery Muhamad Firdaus, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Herwin Herwin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rossy Arlinda, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Devie Anggita Akbaresti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Latif Pertiwi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan atas dasar kebutuhan dari kelompok sasaran. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada guru SD dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas dalam melakukan perbaikan suatu masalah di dalam kelasnya masing-masing. Pendampingan ini diikuti oleh guru SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Peserta berjumlah 25 orang guru. Metode yang digunakan dalam PPM ini yaitu pelatihan, diskusi dan curah pendapat, praktik penyusunan proposal penelitian dan pendampingan. Adapun tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan tindak lanjut. Berdasarkan penilaian terhadap produk yang dihasilkan peserta, maka kemampuan peserta untuk menyusun perencanaan proposal penelitian tindakan kelas, serta pelaksanaan dalam pembuatan proposal penelitian tindakan kelas dapat dinyatakan sudah terampil dan baik.


Full Text:

52-58 PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2015). Penelitian tindakan kelas. Edisi revisi. PT. Bumi Aksara.

Arlinda, R., Noorhapizah, & Agusta, A. R. (2019). Meningkatkan aktivitas belajar siswa tema benda-benda di sekitar kita muatan ppkn menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing pada siswa Kelas V SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, Vol. 5(1), 1–10.

Azwandi, A., Harahap, A., & Syafryadin, S. (2019). Penyuluhan dan pelatihan ict-enhanced teaching–learning sebagai model pengembangan profesional guru di Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1), 151–158.

Hastuti, W. S., Pujiastuti, P., Tiarani, V. A., Nugroho, I. A., & Herwin, H. (2021). Pelatihan pengembangan pembelajaran berorientasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) bagi guru sekolah dasar. FOUNDASIA, 12(1). 29–36.

Herwin, H. (2019). Evaluasi program pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri 126 Lagoe. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 41-48.

Latief, M. A. (2009). Penelitian tindakan kelas. Universitas Negeri Malang.

Legiman. (2015). Penelitian Tindak Kelas. LPMP Yogyakarta, 1(1), 1–15.

Mahfud, M. N. (2019). Kesulitan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di SMK Negeri 6 Surakarta. UMS, 1–17.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.

Prihatni, R., Sumiati, A., & Sariwulan, T. (2019). Pelatihan penelitian tindakan kelas untuk guru-guru yayasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 3(1), 112–123.

Putriani, M. R., Wahyuni, S., & Noviani, L. (2016). Analisis kesulitan-kesulitan yang dialami guru ekonomi untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2(1), 1–17.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenadamedia Group.

Suriansyah, A. (2013). Panduan penulisan karya ilmiah Program PG-PAUD dan PGSD Universitas Lambung Mangkurat. Universitas Lambung Mangkurat.

Susilowati, D. (2018). Penelitian tindakan kelas solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46.

Suyanto, S. (2016). Penelitian tindakan kelas. Journal of Chemical Information and Modeling, 1, 18.

Taradisa, N., Jarmita, N., & Emalfida, E. (2020). Kendala yang dihadapi guru mengajar daring pada masa pandemi Covid-19 di MIN 5 Banda Aceh. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12(02), 141–154.

Tjabolo, S. A., & Herwin. (2020). The Influence of teacher certification on the performance of elementary school teachers in Gorontalo Province, Indonesia. International Journal of Instruction, 13(4), 347-360.

Wahyuningsih, W. S. (2019). Penerapan metode latihan mandiri untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada Siswa SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 149.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i2.43274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats