Pembelajaran pengenalan tumbuhan melalui Cooperative Script pada peserta didik Kelas IV di SDN 37 Sui Ambawang Kabupaten Kuburaya

Siti Afidah, SD 37 SUI AMBAWANG KABUPATEN KUBURAYA, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengenalan tumbuhan melalui Cooperative Script pada peserta didik Kelas IV di SDN 37 Sui Ambawang, Kabupaten Kuburaya yang awalnya peserta didik belum bisa mengenal dengan berbagai nama karakteristik tumbuhan. Melalui Cooperative Script maka setiap peserta didik diharapkan mampu mengulang dan memahami nama-nama tumbuhan secara mudah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV di Sekolah Dasar 37 Sui Ambawang yang berjumlah 15  siswa. Pada saat pembelajaran di lakukan keadaan pseserta didik masih di rasa kurang pemahaman peningkatan pengetahuan di mana pada saat pra siklus dari 15 peserta didik baru lulus 3 peserta didik  dengan persentasi 20%, di lanjutkan ke siklus 1 lulus 11 peserta didik didik dengan persentasi 73% dan di lanjutkan siklus II dengan perbaikan perencanaan dan pelaksaan yang akurat, tepat dan penuh kemandirian yang mendukung dan upaya yang besar  baru bisa di katakan lulus 15 peserta didik dengan persentasi 100%, dengan adanya model Cooperative Script pembelajaran peserta didik lebih mudah diterima karena terjadi pengelompokan dan kemandirian secara merata dan akuntabel meberdayakan kelompok yang lebih kecil dan efektif.  


Full Text:

75-80 PDF

References


A’la, M. (2011). Quantum teaching. Jogjakarta: Diva Press.

Baroto, T. (2007). Perencanaan dan pengendalian persediaan. Jakarta. Ghalia Indonesia

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi. (2007). Model pembelajaran. Jakarta: Kompas.

Hadi, R. (2007). Dari teacher-centered learning ke student-centered learning: Perubahan metode pembelajaran di perguruan tinggi. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, INSANIA, 12(3), 408-419.

Hanafi, T., & Gunansyah, G. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif script untuk meningkatkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-15.

Herwin, H. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri 126 Lagoe. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 41-48.

Isjoni (2011). Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Jihad, A., & Haris, A. (2008). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo

Kemmis, S, McTaggart. R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Singapore: Springer Science & Business Media.

Kunandar. (2010). Langkah mudah penelitian tindakan kelas: Sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Liyun, N., Khasanah, W. K., & Tsuraya, N. A. (2019). Menanamkan karakter cinta lingkungan pada anak melalui program “green and clean”. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “PenguatanKarakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital”. 136-140.

Mansur. (2011). Pendidikan anak usia profesionalisme guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22-30.

Salamiah, S. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi menyimak cerita siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(1), 1-10.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative learning: teori, riset, dan praktik. Bandung: Nusa Media.

Suprijono, A. (2010). Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Tjabolo, S. A., & Herwin. (2020). The influence of teacher certification on the performance of elementary school teachers in Gorontalo Province, Indonesia. International Journal of Instruction, 13(4), 347-360.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i2.40057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats