Profil kenakalan remaja dan implikasinya terhadap program bimbingan pribadi-sosial

Dieta Dwi Wahyuni, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Meilla Dwi Nurmala, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kenakalan remaja yang terjadi pada siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kenakalan remaja khususnya pada siswa kelas XI di SMAN 5 Kota Serang, kemudian menyusun program bimbingan pribadi sosial sebagai implikasi dari penelitian untuk mencegah kenakalan remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling pada 171 siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Penelitian mengenai kenakalan remaja dilakukan dengan melihat dua indikator kenakalan remaja yaitu Index Offenses dan Status Offenses sebanyak 36 item dan reliabitas 0,304. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan tingkat kenakalan remaja di SMAN 5 Kota Serang berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 87%. Penyumbang terbesar dari angka ini adalah aspek Status Offenses dengan indikator mengontrol emosi, berbohong, membolos, memalak teman sebaya, merokok, dan perilaku seks pranikah yaitu sebesar 19% yang termasuk dalam kategori sedang. Setelah mengetahui gambaran umum kenakalan remaja, maka rancangan program dibuat berdasarkan hasil penelitian yang didapat.

Full Text:

69-73 PDF

References


Asmani, J.M. (2012). Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja. Yogyakarta: Diva Press.

Bagus, H. K.(2014). Perilaku Memalak Siswa SMA dan Manajemen Layanan Khusus Penanggulangannya. Malang. Skripsi tidak diterbitkan

Cynthia, T. (2011). Konformitas kelompok dan perilaku seks bebas pada remaja. Jurnal Psikologi, 1(1).

Elfindri. (2012). Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media

Gunarsa, S.D. (2001). Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Hariwijaya. (2005). Tes Kecerdasan Emosional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hartinah, S. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Refika Aditama

Santoso, T. (2003). Teori-teori Kekerasan. Jakarta: Ghalia Indonesia

Willis, S. (2005). Remaja dan Masalahnya: Mengupas berbagai bentuk kenakalan remaja, seperti narkoba, free sex, dan pencegahannya. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.32470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats