Pengembangan E-Learning Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall

Kukuh Septyanto, Pendidikan Vokasional Teknik Elektro Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikann Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Mustofa Abi Hamid, Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Didik Aribowo, Pendidikan Vokasional Teknik Elektro Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikann Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstract


Perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi yang semakin pesat telah banyak mengubah berbagai bidang kehidupan, termasuk dibidang pendidikan. Sudah semestinya sistem pembelajaran yang ada di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro Untirta harus lebih inovatif. Mengembangkan sistem pembelajaran e-learning berbasis website dan mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan merupakan tujuan dari penelitian ini, dengan memakai metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, analisis kebutuhan, desain, implementasi atau pengkodeaan, dan pengujian. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang ahli produk, 3 dosen 1 staff, dan 51  mahasiswa. Maka didapatkan hasil penelitian yang telah diolah, berupa data (1) tingkat kelayakan produk website e-learning diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 74,6 dengan kategori “sangat layak”. (2) hasil uji coba penggunaan website e-learning oleh dosen dan staff diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 90,3 dengan kategori “sangat layak”. (3) hasil uji coba penggunaan website e-learning oleh mahasiswa diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 85 dengan kategori “sangat layak”. Dapat ditarik kesimpulan, maka sistem pembelajaran e-learning berbasis website sangat layak. Agar pemanfaatan website e-learning terjaga, maka perlu dilakukan pemeliharaan rutin, penambahan fitur sesuai kebutuhan pengguna dan memperkuat keamanan website e-learning.

Keywords


E-Learning, Website, PHP, Waterfall

Full Text:

PDF

References


Sekretaris Negara RI, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, Indonesia, 2003.

D. Ariani, “Komponen Pengembangan E-Learning,”J. Pembelajaran Inov., vol. 1, no. 1, pp. 58–64, 2018.

N. Kd, M. Ratnawati, I. D. G. B. Utama, and I. P. M. Dewantara, “Pemanfaatan E-Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,”J. Pendidik. Bhs. DAN SASTRA Indones. UNDIKSHA, vol. 9, no. 1, pp. 46–56, 2019.

S. Yodha, Z. Abidin, and E. Adi, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang,”J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 181–187, 2019.

L. Olesova and S. Campbell, “The Impact of the Cooperative Mentorship Model on Faculty Preparedness to Develop Online Courses,”Online Learn. J., vol. 23, no. 4, pp. 192–213, 2019.

R. Rusli, A. Rahman, and H. Abdullah, “Student perception data on online learning using heutagogy approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia,”Data Br., vol. 29, p. 105152, 2020.

S. B. Waluya, H. Suyitno, and I. Anugraheni, “Development of Problem-based Blended Learning (PB2L) Model to Increase Pre-Service Primary Teacher’s Creative Thinking Skill,”J. Educ. Learn., vol. 13, no. 3, pp. 324–334, 2019.

Basori and D. Y. Cobena, “Pengembangan Media Berbasis Mind map untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada PelajaranTeknik Pengolahan Video,”Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 97–105, 2019.

J. F. Palandi, S. Aminah, and Z. E. Pudyastuti, “Pengembangan Aplikasi Web E-Learning Untuk Pendidikan Anti Korupsi Menggunakan Moodle,”INOVTEKPolbeng -Seri Inform., vol. 2, no. 2, pp. 173–181, 2017.

A. Cholid, H. Elmunsyah, and S. Patmanthara, “Pengembangan Model Web Based Learning Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Paket Keahlian Tkj Pada Smkn Se-Kota Malang,”Semin. Nas. Pendidik., vol.1, no. 5, pp. 159–172, 2016.

E. Kusmayadi and H. Suryantini, “Perancangan Dan Pembangunan Sistem E-Learning Perpustakaan Pertanian,”J. Perpust. Pertan., vol. 25, no. 2, pp. 71–77, 2016.

N.; Sriwihajriyah, E. L.; Ruskan, and A. Ibrahim, “Sistem pembelajaran dengan e-learning untuk persiapan ujian nasional pada SMA Pusri Palembang,”J. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 450–449, 2012.

Ramadiani, Azainil, U. Haryaka, F. Agus, and A. H. Kridalaksana, “User Satisfaction Model for e-Learning Using Smartphone,”Procedia Comput. Sci., vol. 116, pp. 373–380, 2017.

R. F. Rahmat, L. Mursyida, F. Rizal, K. Krismadinata, and Y. Yunus, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital,”J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 116–126, 2019.

M. S. Ihsan, A. Ramdani, and S. Hadisaputra, “Pengembangan E-Learning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik,”J. Pijar Mipa, vol. 14, no. 2, pp. 84–87, 2019.

T.Setiawan and R. I. Sudomo, “Mengatasi Keragaman Gaya Belajar pada Pendidikan Tinggi dan Vokasi Melalui Pengembangan E-learning Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle,”EDUKASIA Islam. J. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 99–110, 2019.

A. Budiman, A. Arifin, and F. Marlianto, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak,”J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 133, 2019.

A. Rijal and A. Sofiarini, “Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD Berbasis Aplikasi Moodle di PGSD,”J. basicedu, vol. 3, no. 4, pp. 2071–2082, 2019.

A. Hisan, W. S. Warpala, and N. Suharsono, “Pengembangan E-Learning Sebagai Perangkat Blended Learning Untuk Pelaksanaan Diklat Penyusunan Bahan Ajar Di Balai Pendidikan Dan Pelatihan Keagamaan Denpasar,”J. Teknol. Pembelajaran Indones., vol. 9, no. 1, pp. 1–12, 2019.

H. M. Khoir, R. E. Murtinugraha, and S. Musalamah, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian,”J. Pendidik. Tek. Sipil, vol. 9, no. 1, pp. 54–60, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D).Bandung: Alfabeta, 2014.

R. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktis (Buku Satu). Yogayakarta: Andi., 2002.

Mardapi, Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Prama Publishing, 2012.

M. Z. Maharani, H. R. Andrian, and S. J. I. Ismail, “Analisis Keamanan Website Menggunakan Metode Scanning Dan Perhitungan Security Metriks,”e-Proceeding Appl. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 1775–1782, 2017.

T. N. Sari, “Analisis Kualitas Dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Standard Iso 9126,”JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2016.

A. F. Abror and H. Jati, “Pengembangan Dan Analisis Kualitas Aplikasi Penilaian E-Learning Smk Berbasis Iso 19796-1 Di Yogyakarta,”J. Pendidik. Vokasi, vol. 6, no. 1, p. 1, 2016.

D. Hamka and N. Effendi, “Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA,”J. Nat. Sci. Integr., vol. 2, no. 1, p. 19, 2019




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i1.31054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter