Studi Penelusuran Alumni Teknik Elektronika D3 sebagai Upaya Peningkatan Mutu Penyelenggaraan Program Studi

Nuryake Fajaryati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Djoko Santoso, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sri Waluyanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ahmad Awaluddin Baiti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil lulusan Profi D3 Teknik Elektronika, penilaian alumni mengenai mutu penyelenggaraan program yang ada di Prodi D3 Teknik Elektronika, dan penilaian stakeholders terhadap kompetensi lulusan prodi D3 Teknik Elektronika.

Penelitian ini merupakan penelitian penelusuran alumni dengan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif.pelaksanaan tracer study dilakukan dengan konsep tahapan survey menurut Schomburg, yaitu tahap 1 pengembangan konsep dan instrumen, tahap 2 pengumpulan data, dan tahap 3 analisa data serta penulisan laporan. Sumber data dalam penelitian ini adalah 55 orang alumni Prodi D3 Teknik Elektronika dan 10 orang pengguna alumni (stakeholders) Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada alumni dan stakeholders secara langsung dan melalui google doc. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan evaluatif. Kuesioner penilaian penyelenggaraan prodi D3 Teknik Elektronika oleh alumni dan penilaian kompetensi alumni oleh stakeholders diberikan lima alternatif jawaban, yaitu sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata IPK lulusan prodi D3 Teknik Elektronika untuk angkatan 2008 – 2014 adalah 3,27 dan lama masa studi 3 tahun 8 bulan. Sebagian besar masa tunggu alumni dalam mendapatkan pekerjaan ± 3 bulan dan bekerja sebagai karyawan swasta dan teknisi swasta dengan pendapatan 1-3 juta/bulan. Penilaian alumni terhadap layanan administrasi, aspek pembelajaran, pengalaman belajar, dan keterlibatan dalam penelitian dan PPM termasuk dalam kategori baik. Sedangkan penilaian alumni tentang fasilitas perkuliahan tergolong cukup baik. Penilaian stakeholders terhadap alumni dalam hal integritas, keahlian bidang ilmu, kemampuan mengatasi permasalahan, kemampuan berkomunikasi, dan bekerjasama termasuk dalam kategori baik. sedangkan kemampuan alumni dalam berbahasa inggris tergolong cukup baik.

 


Keywords


alumni, stakeholders, tracer study, D3 Teknik Elektronika

Full Text:

PDF

References


Kemdiknas.Kajian Analisis Sistem Akreditasi Program Studi Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Internal. s.l.: Kemdiknas, 2011.

Nasional, Departemen Pendidikan.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.

Budi, Bambang Setia.Tracer Study ITB 2016 Angkatan 2009. s.l.: ITB Career Center, 2016.

Munir M., Wulandari, B., Dewanto, S.A., Pranoto, P.W., & Utami, P. Tracer study prodi pendidikan teknik elektronika FT UNY sebagai kajian pengembangan kurikulum yang memiliki relevansi dengan kebutuhan dunia kerja. Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional ELINVO, 2015. 2477-2402.

Trisnaningsih, Sri.Independensi Auditor Dan Komitmen Organisasi Sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor. s.l.: nhas Makassar, 26-28 Juli 2007. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Jawa Timur, 2007.

Schomburg, Harald.[Online] 2003. http://www.qtafi.de/handbook_v2.pdf.

Sukardi, Thomas. Studi Penelusuran Lulusan S1 Kependidikan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. 2, Yogyakarta: s.n., 2011, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 20.

Utami, Pipit.Usaha penyiapan lulusan LPTK mellaui need assessment analysis alat bantu praktik instrumentasi. Yogyakarta: s.n., 2015. Seminar Nasional ELINVO. Vol. 1, pp. 101-113. 2477-2402.




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.20221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter