Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study

Bekti Wulandari, Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fatchul Arifin, Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dessy Irmawati, Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital dan menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Peningkatan kualitas pembelajaran ini menerapkan metode pembelajaran problem based learning. Dalam penelitian ini menerapkan metod lesson study model Lewis (2002) dan pelaksanaanya dilakukan dalam 3 kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan (plan); 2) Pelaksanaan dan  Observasi (do); 3) Refleksi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektronika dan data diperoleh dengan cara observasi dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Dilihat dari jumlah mahasiswa  yang  aktif  semakin  banyak, perkuliahan  tidak  membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar. Bagi dosen juga ada keuntungannya yaitu dapat melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dalam upaya untuk memperbaiki pembelajaran. Melalui pembelajaran lesson study ini selain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran  sekaligus  juga  dapat  menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Hal ini terlihat dari tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, tidak memisahkan diri dari orang lain, interaksi terhadap sumber belajar, interaksi antar mahasiswa, aktifitas menyelesaikan masalah dan mahasiswa tidak pasif.


Keywords


Lesson study, kerjasama, problem based learning

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Bagaimana pendidik memberdayakan pemelajar di era pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Arends, Richard. I. (2008). Belajar untuk mengajar. Edisi ke tujuh alih Bahasa oleh helly prayitno dan sri mulyantani prayitnodari judul learning to teach (7th ed). Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.

Barbara. B. Levin. (2001). Energizing teacher education and professional development with problem based learning. Alexandria: ASCD.

Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm

Johnson & Johnson. (1991). Cooperative Learning Strategis (online): www.clcrc.com/cl.html

Lewis, Catherine C. (2002), Lesson Study : A Handbook of Teacher-Led Instructional Change, Philadelphia, PA : research for better Schools,Inc.

Linda, T. & Sara, S. (2002). Problems as possibilities: problem-based learning for K–16 education. Alexandria: ASCD.

Maggi, S. & Claire H.M. (2004). Foundations of problem-based learning. New York: Open University Press.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Slamet Mulyana. (2007). Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat

Tan, Oon-Seng. (2004). Enhancing thingking through problem-based learning approaches. Cengage Learning.




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.12816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter