MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD

Djoko Santoso, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY, Indonesia
Umi Rochayati, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, hasil belajar serta tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran kooperatif model STAD. Model penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, dilaksanakan tiga bulan terhadap mahasiswa S1 reguler Jurusan Teknik Elektronika yang mengambil mata kuliah rangkaian listrik. Pegumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes, angket. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Proses pembelajaran terkesan lebih menarik karena mahasiswa bukan lagi sebagai obyek tetapi lebih sebagai subyek dalam pembelajaran. Kondisi pembelajaran diwarnai dengan aktivitas diskusi kelompok, mahasiswa berperan aktif dan saling ketergantungan satu sama lain dalam penguasaan konsep, sehingga terjadi interaksi belajar multi arah, peran dosen justru sebagai fasilitator. Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran kooperatif STAD 10,81 % menyatakan sangat setuju dan 89,19 % menyatakan setuju.

Keywords


pembelajaran kooperatif model STAD

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, Muslimin. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program Pasca Sarjana UNESA, UniversityPress.

Johnson, T. Rogerand Johnson. (1987). Learning Together and Alone; Competitive, and Individualistic Learning. New Jersey: PrenticeHall.

Nana Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Pannen, P., Mustapa, D., Sekarwinahyu, M. (2001). Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta. Proyek Pengembangan Universitas Terbuka Dirjen Dikti Depdiknas.

Slavin, R. (1994). Cooperative Learning: Theory, research and practice. Boston : Allyn & Bacon.

Sudarsono, FX. (2001). Apikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Dirjen Dikti Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 ELINVO

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter