PERBANDINGAN KARAKTERISTIK BUTIR SOAL MATA PELAJARAN KEARSIPAN BERBANTUAN ITEMAN

Rosa Dwi Yuliani, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Ismiyati Ismiyati, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Abstrak: Perbandingan Karakteristik Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal SMK Kendal Berbantuan Software ITEMAN. Analisis butir soal merupakan tahap terpenting seorang pendidik terhadap perkembangan tes secara menyeluruh supaya butir soal tes memiliki kualitas yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan karakteristik butir soal Ujian Akhir Semester Gasal mata pelajaran kearsipan di Kendal tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 72 lembar jawaban peserta tes SMK N1 Kendal, 79 lembar jawaban peserta tes SMK NU 01 Kendal, 31 lembar jawaban peserta tes SMK Bhakti Persada Patebon. Untuk menganalisis data penelitian ini dibantu dengan ITEMAN. Hasil analisis diketahui bahwa perangkat tes SMK N1 Kendal memiliki kualitas yang tidak baik, SMK NU 01 Kendal memiliki kualitas yang baik, SMK Bhakti Persada Patebon memiliki kualitas yang cukup baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu masih ditemukan butir soal yang harus diperbaiki. Untuk soal yang memenuhi kriteria soal berkualitas baik soal dapat diterima dan disimpan untuk digunakan kembali di tes selanjutnya. 

Kata kunci: perbandingan; butir soal; kearsipan

 

Abstract: Comparison of Item Characteristics of Odd Semester Final Examinations at Kendal Vocational Schools Assisted by ITEMAN. Analysis of the items is important for educators to develop tests so that the items have good quality. The purpose of this study was to compare the characteristics of odd semester final exam question items for archiving subjects in Kendal for the 2020/2021 academic year. This research uses quantitative methods. The subjects of this study were 72 sheets of answers for test takers at SMK N1 Kendal, 79 sheets for test takers at SMK NU 01 Kendal, 31 sheets for test takers at SMK Bhakti Persada Patebon. To analyze the data assisted by ITEMAN. The results of the analysis show that the test kit for SMK N1 Kendal has poor quality, SMK NU 01 Kendal has good quality, SMK Bhakti Persada Patebon has quite good quality. The conclusion of this study is that there are still items that need to be improved. For questions that are of good quality, questions can be received and stored for reuse in the next test.

Keyword: comparisons; items; archives


Keywords


perbandingan; butir soal; kearsipan; comparisons; items; archives

Full Text:

PDF

References


Alfarisa, F., Chudari, I. N., & Robiansyah, F. (2019). Analisis Butir Soal IPS Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Software ITEMAN Article Info. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 100–106. https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic

Ambarwati, Y. F., & Ismiyati, I. (2022). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Ulangan Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Kearsipan. Measurement In Educational Research (Meter), 1(2), 64. https://doi.org/10.33292/meter.v1i2.144

Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran (10th ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Bumi Aksara

Aripiani, T. D., Lasmanawati, E., & Penelitian, L. B. (2014). Analisis Alat Penilaian Pembelajaran Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Produktif Keahlian Kelas X Tata Boga Di Smk Shandy Putra Bandung. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 3(1), 91–97. http://repository.upi.edu/16183/1/S_PKK_0900670_Title.pdf

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Journal of Islamic Education, 1, 11–17.

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen). UNY Press. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131656343/penelitian/EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf

Idrus L. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9, 920–935

Indrawati, S. N. (2015). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Dan Keuangan Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta

Lasmy, Yusrizal, & Razali. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Di SMA Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 444–468. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5500

Mahendra, I. W. E. (2019). Analisis Butir Soal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/275/

Muharromah, M. M., & Humaisi, S. (2020). Analisis Butir Soal Penilaian Ujian Semester Gasal Mata Pelajaran IPS di MTs Darul Muna Ponorogo. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(2), 102–114. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2250

Muluki, A., Bundu, P., & Sukmawati. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV Mi Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86–96. ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index

Ningrum, D. A. S., & Sukanti. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Akuntansi Dasar Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(1), 1–15.

Padmadewi, A. A. A. D., Hermawan, G. S., & Adnyani, K. E. K. (2022). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Bahasa Jepang Kelas XII Di SMA Negeri 2 Singaraja. Jurnal Daruma: Linguistik, Sastra Dan Budaya Jepang, 4(2), 11–26. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/daruma/article/view/4247/3963

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Butir Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14, 85–94. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/11370

Rahmasari, D., & Ismiyati. (2016). Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 317–330. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/10007

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. CV BUDI UTAMA

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D

Sukardi, H. M. (2009). Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya . Bumi Aksara

Sukendro, S. J., Wiyantini, T., Ginanjar, R., & Yodong. (2018). Prototipe Aplikasi Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Kuliah Konsep Dasar Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi Dan Mulut Tahun Akademik 2018/2019 Berdasarkan Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, Dan Efektivitas Pengecoh. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(2), 1–16. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31983/jkg.v5i2.6583

Tilaar, A. L. F., & Hasriyanti. (2019). Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 8(1), 57–68. https://doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068

Vebriana, A. S. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Kimia Kelas XII Di SMA Negeri 8 Palembang. Universitas Sriwijaya

Wahndianti, S., & Sumarsih. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Hitung Dagang. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1–14. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/kpai/article/viewFile/13953/13477

Wulandari, A. R., & Pramusinto, H. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 366–378. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39000




DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v21i1.57989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...