PENGELOLAAN ARSIP PEMBELAJARAN GURU DI SMK BISNIS MANAJEMEN SALATIGA

Duwiana Puspitasari, Universitas Kristen Satya Wacana
Agus Sugiarto, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Lelahester Rina, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Abstract


Abstrak: Pengelolaan Arsip Pembelajaran Guru di SMK Bisnis Manajemen Salatiga . Arsip merupakan berbagai bentuk informasi penting yang direkam dalam berbagai macam bentuk dan media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan arsip pembelajaran guru secara digital di SMK Kristen Bisnis Manajemen Salatiga. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitataif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan juga studi dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di SMK Kristen BM Salatiga sudah menerapkan pengelolaan arsip secara elektronik. Dalam  proses pengelolaan arsip elektronik tersebut  memiliki 3 fase yang terdiri dari penciptaan (creation), penggunaan dan pemeliharaan (use and maintenance, dan disposisi itu yang disebut dengan penyusutan (records disposal) arsip elektronik. Implikasi dari penerapkan pengelolaan E-arsip ini, pekerjaan akan lebih cepat, mudah, efektif dan efisien.

 

Kata kunci: Covid-19; Pembelajaran;  Administrasi; Arsip Manual; Arsip Digital

 

Abstract: Management of Teacher Learning Records at the Salatiga Business Management Vocational School. Records are various forms of important information recorded in various forms and media.This study aims to analyze the management of records in teacher learning at the Christian Vocational School of BM Salatiga. The method used is a descriptive with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, and also documentation. While the data analysis activities use data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that teachers at Christian Vocational School BM Salatiga have implemented electronic records management. In the process of managing electronic records, there are 3 phases consisting of creation, use and maintenance, and the disposition of which is known as records disposal of electronic records.The implication of implementing this records management is that the work will be faster, easier, more effective and efficient.

               

Keywords: Covid-19; Learning; Administration; Manual Records; Digital Records

Keywords


Covid-19; Pembelajaran; Administrasi; Arsip Manual; Arsip Digital

Full Text:

PDF

References


Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Endra, Robby Yuli, Usman Rizal, and Fenty Ariani. 2016. “E-Arsip Berbasis Image Archives Management Process Model Untuk Meningkatkan Efektifitas Pengelolaan Arsip.” Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika 7(1). doi: 10.36448/jsit.v7i1.768.

Faridah, and Rahayu Tri Utami. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Arsip Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Politeknik LP3I Jakarta. Jurnal Publika Unswagati Cirebon. 8(2):69–82.

Fitriyah, R. N. (2019). Penyusutan Sebagai Salah Satu Fungsi Manajemen Arsip Di Balai Diklat Keagamaan Semarang. Jurnal Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi XVI(2), 76–87.

Gunawan, Imam, Teguh Triwiyanto, Desi Eri Kusumaningrum, Muhammad Romady, Mutya Alfarina, and Riski Ariska Widiana. 2018. “Pemberdayaan Tenaga Administrasi Sekolah Menengah Pertama Kota Batu: Studi Deskriptif.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1:467–71. doi: 10.17977/um027v1i42018p467.

Irsyad. 2017. Kajian Administrasi Pendidikan Di Dunia Pendidikan. Jurnal Al-Irsyad Vol VIII(1):131–38.

Juairiyah, Oktaf, and Hendrixon. 2017. Penerapan E-Office Dalam Administrasi Perkantoran (Studi Kasus : Balitbangda Prov. Sumsel). Jurnal Pembangunan Nagari 2(1):75–84.

Kuswantoro, Agung, and Trisna Novi Ashari. 2018. “Pengembangan Aplikasi Elektronik Arsip (E Arsip) Pembelajaran Jurusan Administrasi Perkantoran.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan 4(1):17. doi: 10.14710/lenpust.v4i1.20021.

Kriesberg, A. 2019. Electronic Documents AND and to evaluate the measures taken by the National as known as Electronic Records Archive . of Russian researchers , although not all aspects of literature . The Russian researcher O . I . Ryskov. 4(95).

Mahidin. 2017. Kajian Administrasi Pendidikan di Dunia Pendidikan. Jurnal: Pendidikan dan Konseling. 7(1), 131–138.

Maulisnawati, S. C. 2018. Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Kearsipan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7 (8).

Makki, M. 2019. Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Jawa Timur: Duta Media Publishing.

Mirza Syafitri, Eva, and Febrina Indrasari. 2018. “Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Madiun Eva Mirza Syafitri Abstrak.” Pengelolaan Arsip Elektronik Pada Bagian Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Madiun PENGELOLAAN 2:7–12.

Mulyadi. 2021. Pengelolaan Arsip Berbasis Otomasi - Rajawali Pers. (n.p.): PT. Raja Grafindo Persada. dikutip dari: https://www.google.co.id/books/edition/Pengelolaan_Arsip_Berbasis_Otomasi_Rajaw/idMaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Pengelolaan+Arsip+Berbasis+Otomasi&printsec=frontcover

Muhidin, S. A. 2016. Manajemen Kearsipan untuk Organisasi Publik, Bisnis, Sosial, Politik, Dan Kemasyarakatan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nugraha, Dika Adhitya. 2019. Pengelolaan Kearsipan Berbasis Elektronik Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Ciamis. Jurnal: Ilmiah Ilmu Administrasi Negara 6(4):203–13.

Pebrianti, Subarno, & Susilowati. 2020. Penerapan E-Arsip Di Pengadilan Negeri Karanganyar Kelas II. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. 4 (2),, 67-75.

Pramudya, Bayu, Ibrahim Bafadal, and Teguh Triwiyanto. 2018. “Analisis Kebutuhan Tenaga Administrasi Sekolah Pada Jenjang Sma Dan Smk.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1:388–99. doi: 10.17977/um027v1i42018p388.

Pohan, A. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung.

Rizal, A. H. 2020. Sistem Pembelajaran Daring (E-Learning) Dengan Perekomendasian Meteri Menggunakan Metode Collaborative Filtering Dan MAE. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Rifauddin, Machsun. 2016. “Pengelolaan Arsip Elektronik Berbasis Teknologi.” Khizanah Al- Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 4(2):168–78.

Sattar. 2018. Manajemen Kearsipan. (n.p.): Deepublish

Saeroji, A., Andriyti, & Muhsin. 2021. Analisis Efektivitas Aplikasi E-Arsip Sebagai Media Temu Kembali Informasi. Jurnal Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi. 18(1), 1–14.

Sutiah. 2020. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. dikutip dari: https://www.google.co.id/books/edition/Teori_Belajar_Dan_Pembelajaran/FpPsDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Teori+Belajar+Dan+Pembelajaran&printsec=frontcover

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Syafitri dan Indrasari. 2018. Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Madiun. Jurnal: Epicheirisi. Vol: 2 (1) 7–12.

Taiwo. 2019. Electronic Records Management Implementation : Factors Affecting Organizational Readiness. Jurnal: Information and Knowledge Management. 9(6), 22–28. https://doi.org/10.7176/IKM

Utami, R. T. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Arsip Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Politeknik Lp3i Jakarta. 8.

Wahyu, Arif, Wirawan, Cicilia Dyah, Sulistyaningrum Indrawati, and Andre, Rahmanto. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Kearsipan Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol: 7:78–86.

Wijaya, Recki Ari, Bambang Budi Wiyono, and Ibrahim Bafadal. 2018. “Pengelolaan Kearsipan.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1(2):231–37. doi: 10.17977/um027v1i22018p231.

Yanto & Putra. 2013. Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Flash Pada Mata Pelajaran Menggunakan Listrik Di SMKN 5 Padang. 53(9):1689–99.




DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i2.41712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...