Pengaruh OJT, Prestasi Belajar, Informasi Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK

Intan Yunia Yusman, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, Indonesia
Ismiyati Ismiyati, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, Indonesia
Mar’atus Mar’atus Sholikah, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, Indonesia

Abstract


Abstrak: Pengaruh OJT, Prestasi Belajar, Informasi Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh on the job training (OJT), prestasi belajar, informasi tentang kerja, dan motivasi untuk kerja terhadap kesiapan kerja siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 140 siswa dari Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Negeri 1 Purbalingga. Sampling jenuh merupakan teknik yang digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif kausalitas. Metode dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, menggunakan analisis data regresi berganda dan deskriptif persentase. Hasil penelitian diketahui: pertama, semua variabel bebas meliputi on the job training (OJT), prestasi belajar, informasi tentang kerja, dan motivasi untuk kerja memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa yaitu masing-masing ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar  4.43, 4.335, 3.34, dan 2.44 lebih besar dari ttabel = 1.97769. Kedua, adanya pengaruh secara simultan antara on the job training (OJT), prestasi belajar, informasi tentang kerja, dan motivasi untuk kerja terhadap kesiapan kerja siswa yaitu ditunjukkan dengan Fhitung = 63.432 > Ftabel = 2,439246.

 

Abstract: Effect of OJT, Learning Achievement, Job Information, and Work Motivation on Work Readiness of Vocational Students. The aims of this study determine the effect of of on the job training (OJT), learning achievement, information about work, and motivation to work on work readiness. The population in this study is students in class XII from OTKP at SMK Negeri 1 Purbalingga as many as 140 students. This study uses saturated sampling technique. The research methods used is a quantitative method with the type of causality. Meanwhile, the data collection was done by using questionnaire, interviews, and documentation. In this study uses multiple linier regression analysis and descriptive analysis of the percentage with significance level 0.05. The result of this study is known: firstly, the variables of on the job training (OJT), learning achievement, information about work, and motivation to work have a significantly effect the work readiness, as indicated by the value of tstat 4.43, 4.335, 3.34, and 2.44 > 2.44 (tcrit.). Secondly, the variables of on the job training (OJT), learning achievement, information about work, and motivation to work have a significantly affect the work readiness as indicated by the value of Fstat 63.432 > 2.439246 (Fcrit.).

 

Jika Anda menyusun daftar pustaka menggunakan standar American Psychological Association (APA), Anda bisa copy paste teks dibawah ini untuk Anda masukkan pada bagian daftar pustaka Anda!

Yusman, I. Y., & Ismiyati, I. (2019). Pengaruh OJT, Prestasi Belajar, Informasi Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, 16(1), 49-58. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v16i1.24476


Keywords


kesiapan kerja siswa; on the job training; prestasi belajar; informasi tentang kerja; motivasi untuk kerja; work readiness; learning achievement; information about work; motivation to work

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v16i1.24476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...