Pembuatan Mesin Tekuk Pelat Sistem Hidrolik Manual untuk Membuat Celah Berbentuk U

Sckolastika Ninien, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
Firhan Fadhlan Adzima, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
Albert Daniel Saragih, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
Prasetyo Prasetyo, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia

Abstract


Diperlukan suatu alat khusus untuk membuat bentuk dengan ukuran yang tidak tentu dan tidak memiliki standar. Demikian halnya pada alat penekukan pelat bentuk U dengan ukuran celah yang kecil tidak dapat dibentuk dengan sekali proses oleh mesin khususnya yang terdapat di laboratorium Fabrikasi Politeknik Negeri Bandung, maka diperlukan alat penekuk pelat khusus untuk membuat celah berbentuk U. Mesin penekuk pelat ini berfungsi untuk mempermudah kerja pengguna serta untuk menunjang fasilitas praktikum di Laboratorium Fabrikasi dengan menggunakan sistem hidrolik. Alat ini dapat menekuk pelat dengan kapasitas maksimal 5 ton dan panjang pelat yang dapat ditekuk maksimum 500 mm dengan tebal maksimum 1,5 mm. Pelat yang akan dibentuk diletakan diatas U-die, kemudian dongkrak hidrolik di pompa hingga punch bergerak turun dan menekan pelat. Pembuatan mesin penekuk pelat dilakukan dengan mengukur kekuatan rangka dengan nilai faktor keamanan. Ukuran tinggi, panjang dan lebar alat penekuk pelat ini yaitu (1300 x 800 x 800) mm dan digunakan untuk membuat celah berbentuk U dengan diameter 20 mm serta panjang maksimal 500 mm.


Keywords


Hidrolik; Penekuk Pelat; Celah Berbentuk U

Full Text:

164-171 (PDF)

References


Fikri, H. (2019). Perancangan mesin pres sistem hidrolik dengan sudut bervariasi untuk menekuk pelat.

Marsis Wisjnu P & Iswantoro. (2007). Perancangan mesin bending dengan memanfaatkan sistem dongkrak hidrolik sederhana. Jakarta: Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Permana Dhimas Ady. (2010). Rancang bangun mesin pres semi otomatis. Surakarta: Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Shigley, J.E. & Mitchell L. D. (1983). Mechanical engineering design (4th ed.). New York: Mc Glow – Hill, Inc.

Smith, William F. (1990). Principles of material science and engineering (2nd ed.). Mc. Graw Hill Publishing Company.

Suchy I. (1998). Hand book of die design (2nd ed.). NewYork: Mc Grow-Hill, Inc.

Sularso. (1997). Dasar perencanaan dan pemilihan elemen mesin. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Sumarno Edy, Hafid Abdul, H. Ismu, W. Joko P, & Heru Bambang. (2003). Rancang bangun mesin tekuk plat. Serpong: Prosiding Presentasi Ilmiah Teknologi Keselamatan Nuklir VII.

Suparno Teguh. (2016). Perancangan mesin penekuk plat besi (mesin bending). Kediri: Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Nusantara PGRI.

Tyas A. W., Wahyu P. R., & Bambang, K. (2014). Perancangan dan analisis kekuatan konstruksi mesin tekuk plat hidrolik. Mekanika, 12(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v7i2.53325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats