Efek Perendaman Serat Gaharu terhadap Pengujian Tarik dan Pengujian Impak Sebagai Bahan Komposit

Yuliyanto Yuliyanto, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Indonesia
Boi Rollastin, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Indonesia
Hasdiansah Hasdiansah, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Indonesia

Abstract


Komposit serat alam adalah material yang sangat baik karena sangat ringan, kuat, murah, mudah di bentuk dan ramah lingkungan. Pohon gaharu (Aquilaria malaccensis) menghasilkan resin berbau harum untuk pembuatan parfum. Selain resin juga menghasilkan serat halus yang bisa dijadikan penguat material komposit. Tujuan penelitian untuk mendapatkan efek perendaman serat kulit gaharu terhadap pengujian mekanik menggunakan matriks polyester BQTN 157 serat gaharu sebagai penguat dan apakah komposit serat gaharu ini bisa dijadikan bahan alternatif pembuatan dashboart mobil. Metode penelitian menggunakan full Faktorial dengan dua faktor dan tiga level. Parameter proses yaitu perendaman dengan cairan kimia NaOH 2%, 4% dan 6% dan lama perendaman 120 menit, 240 menit dan 360 menit. Hasilnya nilai rata-rata kekuatan tarik maksimum yaitu 42,0 Mpa pada serat dengan waktu perendaman selama 120 menit dan 2% NaOH. Hasil pengujian impak maksimum sebesar 39,1 kj/m2 pada waktu perendaman 120 menit dan persentase NaOH 4%. Hasil foto menghasilkan bentuk patahan broken fiber dimana serat yang patah dipenuhi dengan serat halus dan berserabut. Efek persentase NaOH dan perendaman serat gaharu lebih dari 240 menit membuat kekuatan serat menjadi menurun, mudah putus dan rapuh. Artinya persentase NaOH dan perendaman tidak boleh lebih dari 240 menit. Hasil pengujian ini bisa dijadikan material baru untuk pembuatan dashboard mobil karena sudah standar bila dibandingkan dengan standar.

Keywords


komposit; serat gaharu; perendaman; NaOH

Full Text:

146-151 (PDF)

References


Gibson & Ronald, F. (1994). Principles Of Composite Material Mechanics. New York : Mc Graw Hill,Inc

Rianto, A., & Anjiu, L. D. (2018). Kekuatan Mekanik Komposit Berpenguat Serat Kulit Terap Kontinu Sebagai Pengembangan Material Teknik Ramah Lingkungan. Jurnal Positron, Vol.8(1)

Wirawan, W., Widodo, T., & Zulkarnain, A. (2018). Analisis Penambahan Coupling Agent terhadap Sifat Tarik Biokomposit Kulit Waru (Hibiscus Tiliaceus)-Polyester. Jurnal Rekayasa Mesin, 9(1). pp 35-41.

Muhammad, A., & Novi, S. (2020). Pengaruh Waktu Perendaman Serat Pada Larutan Natrium Bikarbonat (Nahco3) Terhadap Kekuatan Tarik Dan Struktur Mikro Komposit Serat Kulit Batang Kersen – Poliester. Jurnal Teknik Mesin. Vol.8(2). Pp. 9-18

Yudhanto, F. (2016). Pengaruh Perlakuan Alkali Terhadap Kekuatan Tarik dan Wettability Serat Alam Agave Sisalana Perrine. Tugas akhir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Bantul.

Ardiati, M. (2016). Sintetis dan Karakterisasi Komposit Polyester Serat Daun Lontar Dengan penambahan Variasi Konsentrasi Kalium Permanganat (KMnO4). Skripsi. Universitas Airlangga. Surabaya.

Yulia. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Teh Daun Gaharu “Aliana” Di Desa Simpang Perlang, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Jurnal Agrimals, Vol 1(1).

Yuliyanto dan Masdani. (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Serat terhadap Kekuatan Impak Dan Model Patahan Komposit Polyester Berpenguat Serat Gaharu. Jurnal Teknik Mesin Vol.4(2). pp. 15-20

Sabarinathan, C., et al., (2012). Experimental Study On Tensile Behavior Of Multi Wall Carbon Nanotube Reinforced Epoxy Composites. Journal of Applied Sciences Research. 8(7): 3253-3259.

ASTM D790. (2012). Standard Test Methods for Flexural Properties of Unreinforced and Reinforced Plastics and Electrical Insulating Materials.

Pramuko Ilmu Purboputro dan Agus Hariyanto. (2017). Analisis Sifat Tarik Dan Impak Komposit Serat Rami Dengan Perlakuan Alkali Dalam Waktu 2, 4, 6, Dan 8 Jam Bermatrik Poliester. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 18(2). pp. 64-75




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v7i2.53102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats