Pembuatan Prototipe Dongkrak Screw Listrik Menggunakan Kontrol Aplikasi Handphone Via Bluetooth

Razali Razali, Politeknik Negeri Bengkalis, Indonesia
Fidhilatul Hikmi, Politeknik Negeri Bengkalis, Indonesia

Abstract


Tujuan pembuatan Prototipe dongkrak screw listrik menggunakan aplikasi handphone via Bluetooth untuk mengembangkan dongkrak screw mekanis dengan cara menambahkan sistem mekanik transmisi sprocket dan motor DC, menambahkan sistem kontrol elektronika berbasis mikrokontroller Arduino Uno, dan proses pengontrolan dilakukan oleh aplikasi yang diinstal pada handphone. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini berupa studi literatur, pembuatan prototipe, pengujian untuk mengetahui kinerja prototipe dan data hasil pengujian. Prinsip kerja prototipe dongkrak screw listrik adalah putaran dari motor DC direduksi oleh transmisi sprocket rantai dan diteruskan kebatang ulir pada dongkrak screw. Sistem pengontrol dongkrak screw listrik memanfaatkan koneksi bluetooth sebagai media komunikasi sehingga pengguna dapat mengontrol pengangkatan dongkrak screw listrik. Sedangkan sumber tenaga berasal dari sumber tenaga baterai (Accu). Kemudian hasil pengujian dari prototipe dongkrak screw listrik bahwa prototipe dapat mengangkat beban maksimal sekitar 108 Kg dengan torsi 7,3528 Nm, dan daya 0,7 HP, 560 watts. Penggunaan mikrokontroller Arduino Uno berfungsi sebagai kontrol dua arah dan kecepatan bekerja dengan normal dan prototipe dongkrak screw listrik bisa menerima signal dari modul Bluetooth dengan jarak maksimal 10 meter.


Keywords


Prototipe, Dongkrak Screw, Sprocket, Motor DC, Handphone, Bluetooth

Full Text:

99-104 (PDF)

References


Adek Ricky M. T, Jhonnaidi, Gunadi Tjahjono, dan Ichsan Fahmi (2019). Rancang Bangun Dongkrak Elektromekanik Menggunakan Motor Dc Berbasis Arduino Volume 4 Nomor 1. FKIP, Univ.Nusa Cendana

Ahmad S., Tanti, N., dan Pandoyo T, G. (2013). Perencanaan Gearbox dan Perhitungan Daya Motor pada Modifikasi Dongkrak Ulir Mekanis Menjadi Dongkrak Ulir Elektrik, Volume 4 Nomor 2 Tahun 2013 Politeknik Negeri Balikpapan.

Andi Adriansyah, Oka hidyatama (2013). Rancang Bangun prototipe elevator menggunakan mikrokontroller Arduino Atmega 328P. fakultas teknik universitas mercu buana, Jakarta, Indonesia.

Akbar Noor I. (2016). Komponen-komponen utama dongkrak ulir mekanis, prinsip kerja dongkrak ulir mekanik, pembebanan yang terjadi pada dongkrak,online (http://text-id.123dok.com).

Cahyo., dan Sutowo. (2009). Analisa Dongkrak Ulir Dengan Beban 4000 kg. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Wijaya, H. S. (2014). Rancang Bangun dongkrak Gunting Elektrik Pada Mobil. Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v7i2.49598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats