Rancangan Bangun Pemisah Biji Kopi dengan Sistem Cyclone

Andrean Van Halen, Politeknik ATMI, Indonesia
Oscar Pambudi Prakosa, Politeknik ATMI, Indonesia
Perwita Kurniawan, Politeknik ATMI, Indonesia
Adhi Setya Hutama, Politeknik ATMI, Indonesia

Abstract


Pengujian dan analisa pada mesin destoner kopi dilakukan secara langsung dengan menganalisa efisiensi permesinan, laju aliran udara, dan kapasitas mesin destoner dengan hasil terbaik. Mesin destoner kopi menggunakan sistem cyclone untuk menyaring biji kopi terhadap bahan asing. Perhitungan yang digunakan untuk merancang cyclone adalah dimensi standar dari versi swift-umum. Pemilihan versi swift-umum didasarkan pada diameter partikel biji kopi antara 9 dan 15 mm. Setelah mendapatkan perhitungan yang sesuai maka dilakukan proses perancangan mesin destoner kopi bersistem cyclone dengan menggunakan perangkat lunak solidworks. Desain diwujudkan dalam sebuah purwarupa mesin. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian, kecepatan aliran udara untuk dapat mengangkat biji kopi adalah 19,5 m/s. Pada pengujian dan analisa efisiensi mesin penghancur kopi didapatkan efisiensi untuk jenis biji kopi robusta dengan nilai efisiensi sebesar 86,6%. Efisiensi ini cukup baik karena pendataan dilakukan dari kondisi kopi murni hingga kondisi kopi dengan pengotor mencapai 100 persen. Mesin destoner kopi yang dibuat mampu menyaring kopi dengan kapasitas maksimal 12 kg/jam.


Keywords


destoner, cyclone, swift-umum

Full Text:

PDF

References


Asni, N. 2015. Teknologi Pengolahan Kopi Cara Basah Untuk Meningkatkan Mutu Kopi Ditingkat Petani. Diakses pada tanggal 01 Maret 2022 dari http://jambi.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/inovasi-teknologi/638-teknologi-pengolahan-kopi-cara-basah-untuk-meningkatkan-mutu-kopi-ditingkat-petani.

Caulson, J. M., Richardson, J. F., Backhurst, J. R. & Harker, J. H. 1991. Chemical Engineering: Particle Technology and Separation Processes. Oxford: Pergamon Press.

Ismayadi, C & Zaenudin. 2003. Pola produksi, investasi jamur dan upaya pencegahan kontaminasi ochratoxin-A pada kopi Indonesia. Simposium Kopi, KIKP Pertanian.

Kurniawan, A & Wirasembada, Y. C. 2012. Penentuan Efektivitas Desain Unit Cyclone untuk Mereduksi Partikulat Di Udara. Proceeding Annual Engineering. Yogyakarta: Deepublish.

Molek, N. H. T., Ranelda, S. A. & Syaiful, S. 2020. Performa cyclone dan electrostatic precipitator sebagai penangkap debu pada pabrik semen. Jurnal Teknik Kimia. Volume. 26. Nomor 1, 22-26.

Andini, J & Rachmanto, A. D. 2020. Sistem Pendukung Keputusan Kualitas Biji Kopi Dengan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process) Studi Kasus Cafe Kaki Bukit Lembang. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Volume 9. Nomor 1, 49-52.

Sriyono, S. R. 2012. Analisis Dan Pemodelan Cyclone Separator Sebagai Prefilter Debu Karbon Pada Sistem Pemurnian Helium Reaktor Rgtt200k. Prosiding Seminar Nasional ke-18 Teknologi dan Keselamatan PLTN Serta Fasilitas Nuklir, 215 -226.

Wang, L. K., Pereira, N. C., & Hung, Y. 2004. Air Pollution Control Engineering. New Jersey: Humana Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v7i1.48304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats