Analisis Sifat Mekanik Pada Serat Bulu Ayam Dengan Campuran Pp Sebagai Material Komposit

Rikky Rifaldy, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Iwan Nugraha, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Faradina Choria Suci, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Reza Setiawan, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

Abstract


Meningkatnya konsumsi ayam tidak disertai dengan pengolahan dan pemanfaatan limbahnya di mana limbah bulu ayam hanya dibuang secara percuma. Serat bulu ayam atau chiken feather fiber ini sangat berpotensi menjadi material komposit yang tentunya harus di treatmen khusus untuk menonjolkan sifat yang menguntungkan serta mereduksi sifat yang merugikan. Penelitian ini dimulai dari observasi permasalahan pada limbah bulu ayam di sekitar Kabupaten Karawang, Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melakukan pengamatan sifat thermal dan sifat mekanis dari material limbah bulu ayam yang dijadikan bahan komposit, untuk melakukan pengamatan dari pencampuran dua polimer dengan berbeda sifat dan karakteristiknya. Selanjutnya mengumpulkan studi literatur yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data yang diperoleh diolah sesuai dengan teori berdasarkan studi literatur yang didapatkan, dianalisa serta dilihat keterkaitan permasalahannya dengan tujuan penelitian, dan selanjutnya disimpulkan. Pada penelitian ini pengujian tarik dilakukan untuk mengetahui kekuatan komposit dengan penguatan natural fiber (serat bulu ayam) dengan matrik PP (polypropilen). Dengan melakukan pengujian tarik dapat diketahui tegangan maksimum, regangan dan modulus elastisitas pada spesimen yang diuji. Spesimen yang diuji ini memiliki bentuk dan ukuran sesuai dengan standar ASTM D 638-03 dengan variasi sampel dengan persentase spesimen A : 30% fiber : 70% PP , spesimen B : 50% fiber : 50% PP ,  spesimen C :70% fiber : 30% PP. Hasil pengujian menunjukkan spesimen A : 12.724 kg/f , Spesimen B : 4.1458 kg/f, spesimen C: 3.9214 kg/f.


Keywords


bulu ayam; polypropilen; komposit; uji tarik

Full Text:

PDF

References


El Boushy et al. (2000). Handbook of poultry feed from waste: Processing and use (Second Edition). Kluwer Academic Publisher.

Handayania, A. S., Putraa, A. R., Yaumala, A., & Chalida, M. (2015). Sifat mekanik pada isotactic polypropylene termodifikasi dengan serat bulu ayam. Seminar Nasional Polimer. Volume 10, 1-5.

Prasetyo, S. (2011). Scaning electron microscope (SEM) dan optical emission spectroscope (OES). Diakses dari http://yudiprasetyo53.wordpress.com/2011/11/07/scanning-electron-microscope-sem-dan-optical-emission-spectroscope-oes.

Tesfaye, T., Sithole, B,. Ramugeranath, D,. Mokhothu, T. (2018). Valorisation of chicken feathers: Characterisation of thermal, mechanical and electrical properties. Sustainable Chemistry and Pharmacy. Volume 9, 27–34.

Zhan, M. , Wool, R. P., Xiao, H. Q. (2011). Electrical properties of chicken feather fiber reinforced epoxy composites. Composites Part A: Applied Science and Manufacturing. Volume 42, Nomor 3, 229–233.

Robert Denti Salindeho, Jan Soukotta, Rudy Poeng. (2013). Pemodelan pengujian tarik untuk menganalisis sifat mekanik material. Jurnal Poros Teknik Mesin Unsra. Volume 2, Nomor 2, 1-11.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v7i1.45386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats