PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA BENGKEL PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 GOMBONG

Rizki Kurniawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Thomas Sukardi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penilitan ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana bengkel pemesinan di SMK N 1 Gombong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Objek penelitian adalah pemeliharaan sarana dan prasarana, sedangkan subjek penelitian adalah kepala program keahlian Teknik Pemesinan, divisi Maintenance Repair (MR), siswa kelas XI Teknik Pemesinan, dan bengkel Teknik Pemesinan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana bengkel pemesinan meliputi tahap penyadaran, pemahaman, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pendataan. Dari kelima tahapan tersebut, tahap pelaksanaan dan pendataan belum berjalan optimal. Kendala dalam pemeliharaan meliputi jadwal pemakaian sarana berupa mesin yang penuh, kurangnya peralatan servis, dan sulitnya mencari suku cadang mesin. Implementasi pemeliharaan sarana dan prasarana bengkel pemesinan dalam kategori sangat baik dengan hasil angket menurut siswa menyatakan 83,87% sangat baik dan 16,13% baik, sedangkan hasil observasi diperoleh persentase sebesar 85,55%.

Keywords


pemeliharaan; sarana dan prasarana; bengkel pemesinan

Full Text:

PDF

References


Barnawi & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Mustofa, M. dan Paryanto (2018). Pengaruh Sarana Prasarana Bengkel Pemesinan Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktik. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. 6 (3), 153-160.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Peraturan Menteri. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia No. 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Peraturan Pemerintah. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah.

Peraturan Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto dan Sukardi, T. (2015). Pengelolaan Bengkel Praktik SMK Teknik Pemesinan Di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22 (3), 291-306.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v6i2.44138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats