STRATEGI PENDEKATAN INTERDISCIPLINARY MATA PELAJARANPRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN PADA SMK

Achmad Romadin, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Yoto Yoto, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Interdisipliner merupakan suatu pendekatan yang menggabungkan dari satu disiplin ilmu maupun lebih. Penerapan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) tentunya tidak hanya satu pendekatan disiplin ilmu, melainkan harus beberapa pendekatan ilmu. Salah satunya adalah pendekatan interdisipliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengambilan data wawancara secara langsung, dokumen pendukung, serta observasi secara langsung. Hasil penelitian akan dibahas lebih lanjut dengan literatur yang relevan. Dari hasil penelitian didapatkan strategi pendekatan satu disiplin ilmu dapat diterapkan di SMK pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan pembuatan jobsheet handle door dan potato spirals, sedangkan strategi pendekatan Interdisipliner dapat diterapkan pada jobsheet alat pengupas kulit telur puyuh otomatis. Pendekatan Interdisipliner pada SMK Teknik Pemesinan dapat diterapkan dengan cara  mengkombinasikan disiplin ilmu (ilmu pada bidang teknik pemesinan, teknik pengelasan, teknik elektronika, dan kewirausahaan) untuk pembuataan jobsheet/produk.

Keywords


SMK; Interdisipliner; Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Aliexpress. (2021). Mesin Pengupas Telur Puyuh Otomatis. aliexpress.com

Apcentral. (2014). Interdisciplinary Studies. In Interdisciplinary (pp. 1–3). http://apcentral.collegeboard.com/apc/public/repository/AP-Interdisciplinary-Teaching-and-Learning-Toolkit.pdf

Arikunto, S., & Jabar, A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Baccalaureate, T. I., Programme, M. Y., Schools, I. B. W., & Centre, C. E. (2020). Interdisciplinary Learning. Baccalaureate, The International. www.ibo.org/implement-myp

Bodnarchuk, M. (2012). The Role Of Job Descriptions and competencies in an international organization degree programme in International business [Savonia University]. https://www.theseus.fi/bitstream/handle/10024/44051/Bodnarchuk_Marianna.pdf?sequence=1%0Ahttp://publications.theseus.fi/bitstream/

handle/10024/44051/Bodnarchuk_Marianna.pdf?sequence=1

Bonvin, J.-M. (2019). Vocational Education and Training Beyond Human Capital: A Capability Approach. Handbook of Vocational Education and Training, 273–289. https://doi.org/10.1007/978-3-319-94532-3_5

Bryant, L. H., Niewolny, K., Clark, S., & Watson, C. E. (2014). Complicated Spaces : Negotiating Collaborative Teaching and Interdisciplinarity in Higher Education. The Journal of Effective Teaching, 14(2), 83–101.

Comyn, P., & Brewer, L. (2015). Integrating core work skills into TVET systems : Six country case studies.

Dardiri, A. (2012). Membangun Citra Pendidikan Kejuruan: Manfaat dan Implikasinya Bagi Perbaikan Kualitas Output dan Outcome. Innovation of Vocational Technology Education, 8(1). https://doi.org/10.17509/invotec.v8i1.6106

Davidovitch, N., & Dorot, R. (2020). Interdisciplinary instruction: Between art and literature. International Journal of Higher Education, 9(3), 269–278. https://doi.org/10.5430/IJHE.V9N3P269

de Vries, M. J. (2007). Sytse Strijbos and Andrew Basden (eds): In Search of an Integrative Vision for Technology. Interdisciplinary Studies in Information Systems. International Journal of Technology and Design Education, 17(1), 107–108.

https://doi.org/10.1007/s10798-006-9014-0

Ditjen, D. (2017). Panduan Penilaian Hasil Belajar Pada Sekolah Menengah Kejuruan.

DPSMK. (2017). Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuru an.

Farid, E. K. (2021). Urgensitas Pengkajian Islam Secara nterdisipliner. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(9), 6.

Halliday, M. A. K., Matthiessen, C. M. I. M., Santosa, R., Priyanto, A. D., Nuraeni, A., Ellyawati, H. C., Rohmawati, I., Alvionita, R., Iedema, R., Feez, S., White, P. R. R. R., Painter, C., Sobhie, M., Reza Atai, M., Amin Mozaheb, M., Oleh, Komunikasi, J. I., Jurnal, L., Doi, L., … Ahmadvand, M. (2016). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Nusa, 5(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Institut Teknologi Bandung. (2018). Keputusan Senat Akademik Institut Teknologi Bandung, No.11/SK/11/-SA/OT/2012 tentang Pedoman Kurikulum 2013-2018.

Kaelan, H. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Paradigma.

Kigwilu, P. C., & John, F. B. (2016). Efficacy of Life Skills Education in Enhancing the Employability of TVET Graduates: The Case of St. Theresa Community College, Nairobi County. Africa Jurnal Of Technical & Vocational Education & Training, 1(1), 31–40.

Mardiana, D., Razaq, A. R., & Umiarso, U. (2020). Development of Islamic Education: The Multidisciplinary, Interdisciplinary and Transdisciplinary Approaches. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 4(1), 58. https://doi.org/10.35723/ajie.v4i1.97

Muhararam, A. (2020). 10 Alasan untuk Melakukan Kajian Interdisiplin. Xa.Yimg.Com. xa.yimg.com/kq/groups/15524289/1408412046/name/10

Munaf, D. R. (2006). Pengembangan Disiplin Ilmu di Institusi Pendidikan Teknologi dalam Membangun Budaya Informasi untuk UKM. Jurnal Sosioteknologi, 8(5), 81–92.

Mutua, P. N., Kimiti, R., & David, M. (2018). Applicability Of Competence Based Education And Training Curriculum And Acquisition Of Employable Skills Among Visually Impaired Learners In Tvet Institutions In Kenya. Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies, 7(52), 12868–12882.

Nurgiantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE-Yogyakarta.

Okoye, K. R. E., & Nkanu, S. M. (2020). Employers’ Identification of Skills Needed by Technical and Vocational Education Graduates for Industrial Work Effectiveness. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 33(2), 32–41. Https://doi.org/10.9734/jesbs/2020/v33i230200

Pauley, C., McKim, A., Curry, K., McKendree, R. B., & Sorensen, T. (2019). Evaluating Interdisciplinary Teaching: Curriculum for Agricultural Science Education. Journal of Agricultural Education, 60(1), 158–171. https://doi.org/10.5032/jae.2019.01157

Perkins, D. C. (1998). The Carl D. Perkins vocational and technical education.

Ruswyadi, N., & Arafah, K. (2019). Evaluasi Sistem Penilaian Pembelajaran Produktif Di SMK Negeri 4 Bantaeng. Jurnal Universitas Negeri Makasar, 3, 1–10. http://eprints.unm.ac.id/10964/1/ARTIKEL.pdf

Sampun, H., Rahayu, N., & Ariyadi, A. N. (2017). Strategi Implementasi Revitalisai SMK.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Sudarmoyo. (2013). Model Interdisipline. https://sudarmoyo78.wordpress.com/2013/07/14/model-inter-disipline/

Sudikan, & Yuwana., S. (2015). Pendekatan Interdisiplaner, Multididipaner, dan Transdisiplaner Dalam Studi Sastra. Unesa.

Titisari, E. Y., Antariksa, A., Wulandari, L. D., & Surjono, S. (2017). Tinjauan Interdisipliner dalam Mengkaji Aspek Kosmologi dalam Arsitektur. Review of Urbanism and Architectural Studies, 15(1), 67–74. https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2017.015.01.6

Trussell, D. E., Paterson, S., Hebblethwaite, S., Xing, T. M. K., & Evans, M. (2017). Negotiating the Complexities and Risks of Interdisciplinary Qualitative Research. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.1177/1609406917711351

Wheelahan, L. (2015). Not just skills: what a focus on knowledge means for vocational education. Journal of Curriculum Studies, 47(6), 750–762. https://doi.org/10.1080/00220272.2015.1089942




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v6i2.44133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats