TANGGAPAN CIVITAS AKADEMIK SEKOLAH TERHADAP PENGENDALIAN RESIKO DI BENGKEL TEKNIK MESIN SMK PIRI SLEMAN

Ahmad Muhyi Multazam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Riswan Dwi Djatmiko, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui upaya pengendalian risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di bengkel teknik mesin SMK PIRI Sleman ditinjau dari tanggapan civitas akademik sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah civitas akademik sekolah yang berjumlah 16 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dengan jumlah 50 butir pernyataan mengenai pengendalian resiko.  Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha pengendalian resiko eliminasi dan substitusi yang diberikan kepada kepala jurusan memiliki nilai 69,44 dan 58,33; pada usaha pengendalian teknik yang diberikan kepada kepala bengkel memiliki nilai 79,16; pada usaha pengendalian administratif yang diberikan kepada guru kelas memiliki rata-rata nilai 71,87; sedangkan nilai rata-rata siswa kelas XI pada usaha penggunaan APD adalah 72,62. Hasil rata-rata keseluruhan nilai yaitu 70,28. Dengan demikian, usaha pengendalian resiko yang dilakukan di bengkel teknik mesin SMK PIRI Sleman belum tercapai secara keseluruhan dalam menghilangkan potensi bahaya yang dapat terjadi.

Keywords


Tanggapan; Pengendalian Resiko; Teknik Mesin

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2010). Keselamatan Kerja Peralatan Bengkel dan Perawatan Mesin. Bandung: Alfabeta.

Djohar, A. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: Pedagogiana Press.

Hargiyarto, P. (2011). Analisis Kondisi dan Pengendalian Bahaya di Bengkel/Laboratorium Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 20 (2), 203-210.

Hidayat, Nur & Wahyuni, Indah. (2016). Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Bengkel Di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Fakultas Teknik Uny. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23 (1) 51-66.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2013). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendiknas.

Rustaman. (2001). Keterampilan Bertanya Dalam Pembelajaran IPA. Bandung: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v6i2.44132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats