Penguasaan Komunikasi, Disiplin, dan Kerja Sama Melalui Praktik Kerja Industri Bidang Manufaktur oleh Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta

Teguh Raharjo, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Putut Hargiyarto, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


This study aims to determine the communication skills, discipline, and teamwork of students after carrying out industrial work practices in the manufacturing sectors, and to study the implementation of the industrial work practices. The studied subjects are the students of class XII in the engineering expertise program of SMK Negeri 3 Yogyakarta. This research is a combination research type with a sequential explanatory strategy model with quantitative and qualitative data. Data were collected using interviews and documentation.  The sampling techniques used are purposive sampling and snowball sampling with a sample of 76 students and one internship supervisor. Data analysis techniques used quantitative descriptive statistics, data frequency distribution, analysis of variable indicators, and qualitative analysis of interview results. The results showed that students' communication ability was classified as "good" with an accomplishment score of 78%, discipline was classified as "very good" with an achievement score of 85%, and student teamwork was classified as "very good" with an implementation score of 82%, and the implementation of industrial work practices was classified as "good" with a value of 83 %.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi, disiplin, dan kerja sama siswa kelas XII program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta setelah melaksanakan kegiatan praktik kerja industri (prakerin) pada bidang manufaktur serta mengetahui pelaksanaan praktik kerja industri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi dengan model strategi eksplanatoris sekuensial yang memiliki data berupa kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi serta teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive dan snowball sampling dengan sampel sebanyak 76 siswa dan 1 guru pembimbing prakerin. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif, distribusi frekuensi data, analisis indikator variabel, dan analisis kualitatif hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa tergolong baik dengan nilai keterlaksanaan sebesar 78%, kemampuan disiplin tergolong sangat baik dengan nilai keterlaksanaan sebesar 85%, dan kemampuan kerja sama siswa tergolong sangat baik dengan nilai keterlaksanaan sebesar 82%, serta pelaksanaan praktik kerja industri tergolong baik/efektif dengan nilai keterlaksanaan sebesar 83%.


Keywords


industrial work practices, communication, discipline, and team work, prakerin, komunikasi, disiplin, dan kerja sama

Full Text:

PDF

References


Adriyati Porbaningsih. (2013). Pengaruh Kegiatan Praktik Kerja Industri Terhadap Kemampuan Penguasaan Soft Skill Siswa. Laporan Penelitian. UNS Surakarta.

Ajeng Erfelina. (2017). Hubungan Antara Kesiapan Kerja Dengan Ketakutan Menghadapi Kegagalan Pada Siswa SMK N 1 Blora. Jurnal Empati. 1(6). Hlm 17-20.

Dina Rollana dan Lucy Anna. (2013). Analisis Hubungan Kerja Sama Tim Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Pada PT Mitha Samudera Wijaya Medan. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. 1(4). Hlm. 1-15.

Eko N.C. (2015). Praktik Kerja Industri dan Kontribusinya Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Pati. Economic Education Analysis Journal. 1(4). Hlm. 194-202.

Livia Putri. (2018). Peranan Kerja Sama Tim dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Zolid Agung Perkasa. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 4(3). Hlm 417-424.

Maya Sandra. (2020). Komunikasi Sosial di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Research Fair Unisri 2019. 1(4). Hlm. 65-77.

Nadia P.A. (2018). Kesiapan Kerja Siswa Ditinjau dari Keterampilan dan Bimbingan Karir Pada Siswa Kelas XII Akuntansi di SMK N 6 Sukoharjo. Laporan Penelitian. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Natsir Hendra Pratama. (2011). Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer. Laporan Penelitian. Universitas Negeri Yogyakarta.

Perkinson, L. I. 2005. Dicipline In The Extremes, Potentially Damaging To Behavioral Safety Processes. Profesional Safety, Academic Research Library Journal. 4(50). hlm 31-35.

Putut Hargiyarto. (2010). Kesesuaian Materi Kegiatan Industri Mitra dengan Kompetensi Keahlian Pada Prosgram Praktik Kerja Industri Mahasiswa Jurdiknik Mesin Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. 1(19). Hlm 61-79.

Putut Hargiyarto. (2010). Praktik Industri Sebagai Implementasi Integrasi Hardskill dan Softskill dalam Pendidikan Kejuruan. Prosiding, Seminar Nasional Pendidikan Karakter pada Pendidikan Kejuruan. Yogyakarta: FT UNY.

Siti Mariah dan Machmud Sugandi. (2010). Kesenjangan Soft Skills Lulusan SMK Dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Di Industri. Jurnal Inovasi dan Perekayasa Pendidikan. 3(1). Hlm. 379-400.

Sri Siswati. (2019). Pengembangan Soft Skills Dalam Kurikulum Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan. 2(17). Hlm. 264-273.

Sri Wiranti. (2012). Membangun Kerja Sama Tim. Jurnal STIE Semarang. 3(4). Hlm. 59-65.

Stevani. (2015). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Keterampilan Siswa Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMK N 3 Padang. Journal Economic and Economic Education. 2(3). Hlm. 184-193.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suroto dan Nguyen Tien Hung. (2018). Management of an Industry Standard Class In Vocational High School. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik UNY. 1(24). hlm. 46-51.

Suryanto, D., Kamdi, W & Sutrisno. 2013. Relevansi Soft Skill Yang Dibutuhkan Dunia Usaha/Industri Dengan Yang Dibelajarkan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi dan Kejuruan. 2 (36). Hlm. 107-118.

Tim Pelaksanaan Prakerin. (2019). Pedoman Praktik Kerja Industri Tahun 2019. Yogyakarta: SMK N 3 Yogyakarta.

Zamzam Z.F. (2012). Pengaruh Unit Produksi, Prakerin, dan Dukungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 2012. 3(2). Hlm. 397-409.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v5i2.34785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats