Pengembangan E-Modul Sistem Rem untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Dianna Ratnawati, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Rusdi Martono, SMK YAPPI Wonosari
Rabiman Rabiman, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract


E-module has become a form of learning media that displays online reference, which is considered as more attractive and interactive compared to printed books and modules. The development of e-module actualizes the use of technology to facilitate access to science literacy that is inline to the industrial revolution 4.0. This study aims to develop an e-module of brake system for class XI vocational high school students. The research method used is Research and Development. The stages of e-module development are: define, design, develop, and disseminate. The instruments for data collection are questionnaires with quantitative descriptive analysis techniques. The feasibility test of the brake system e-module shows that the results of the evaluation of media experts obtained a percentage of 82%, assessment of material experts by 85%, and field test results by 85%. It can be concluded that the e-module developed is suitable to be used to facilitate the learning process of the brake system in vocational high school.

E-modul menjadi salah satu media pembelajaran yang menyajikan bahan referensi online secara menarik dan interaktif dibandingkan dengan media cetak seperti buku atau modul. Pengembangan e-modul merupakan aktualisasi dari pemanfaatan teknologi untuk memudahkan akses literasi bidang ilmu pengetahuan yang selaras dengan revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul sistem rem untuk siswa SMK kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Tahapan pengembangan e-modul meliputi: define, design, develop, dan disseminate. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Uji kelayakan e-modul sistem rem ini menunjukkan bahwa hasil penilaian ahli media diperoleh persentase 82%, penilian ahli materi sebesar 85%, dan hasil uji lapangan sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran sistem rem siswa SMK.


Keywords


e-module, brake system, learning media, sistem rem, media pembelajaran

Full Text:

FULL PAPER

References


Borchers, J. O. (1999). Electronic Books: Definition, Genres, Interaction Design Patterns. Austria: Linz University.

Devi, Poppy Kamalia, Renny Sofiraeni, dan K. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Bandung: P4TK IPA.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Oktavia, Budhi, zaunul, rahadian, guspatni, putra, ananda. (2018). Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru- Guru Anggota MGMP Kimia Dan Biologi Kota Padang Panjang.

Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan. jakarta: Rajawali Pers.

Setuju, dan priyanto, S. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin I Kelas X Pemesinan Di Smk Muhammadiyah Prambanan. Taman Vokasi, 1(1), 84–94.

Suarsana I, M. & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 270–275.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v5i1.30987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats