Manajemen Kepala Sekolah dalam Menjalankan Kurikulum di SMK TKM Tamansiswa Purworejo

Subagyo Subagyo, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Samidjo Samidjo, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract


This research was initiated from the fact that Tamansiswa Institute, founded even before the Indonesian Independence, up until today, its condition does not improve significantly. Some of the former schools were shut down due to lack of students. This research was carried out in SMK TKM Tamansiswa Purworejo. Data were collected using interviews and documentation. The research subjects were school headmasters, focusing on their job descriptions. The research aims to describe the implementation of curriculum management in SMK TKM Tamansiswa Purworejo so far. This is qualitative research with a qualitative-descriptive data analysis. The interpretation in this research was based on the subjects’ mindset and implementation in performing their job based on managerial principles.


Penelitian ini diawali dari keadaan sekolah Tamansiswa yang didirikan sejak Indonesia belum merdeka hingga saat ini kondisinya belum ada kemajuan yang signifikan. Bahkan dari sekolah yang pernah ada, pada saat ini banyak yang ditutup karena kekurangan peserta didik. Penelitian dilakukan di SMK TKM Tamansiswa Purworejo. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan manajemen kurikulum yang diselenggarakan SMK TKM Tamansiswa Purworejo selama ini. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Interpretasi pada penelitian ini mengacu pada pola pikir dan pelaksanaan subjek dalam menjalankan pekerjaan berdasarkan prinsip-prinsip manajemen.


Keywords


manajemen kurikulum, kurikulum SMK, SMK TKM Tamansiswa Purworejo

Full Text:

FULLPAPER

References


Hencley S.P. (1973). Situational behavioral approach. in l.c cunningham and w.j. gephart (eds). leadership: science and art today. Itaska: Peacock Publishers.

Imas Kurniasih & Sani Berlin. (2014). Implementasi kurikulum 2013: konsep & penerapan. Surabaya: Kata Pena.

John Burke. (2005). Competency-based education and training. New York: The Falmer Press.

Manullang, M. (2015). Dasar-dasar manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Peraturan Pemerintah No 32 tahun 2013 tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan.

Ron Glatter. (2005). Choice and diversity in schooling: perspectives and prospects London: Routledge.

Soegito, A.T. (2011). Kepemimpinan manajemen berbasis sekolah. Semarang: UPT UNNES Press.

Tauchid Moch. (2004). Karya ki hadjar dewantara bagian pertama: pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i1.24282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats