Perbedaan Unjuk Kerja Mesin Menggunakan Electronic Control Unit Tipe Racing dan Tipe Standar pada Sepeda Motor Automatic

Rifki Mufti Rahman, Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas Negeri Semarang
Dwi Widjanarko, Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas Negeri Semarang
M. Burhan Rubai Wijaya, Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas Negeri Semarang

Abstract


The achievement of electronic-based motorcycle engine or Fuel Injection (FI) has better capability or power compared to conventional system vehicles. This research aims to determine the performance difference of using racing electronic control unit (ECU) compared to standard ECU of an automatic motorcycle. The experiment was carried out on a Honda Vario 125cc motorcycle manufactured in 2013. The research method is experimental research and uses descriptive statistic method. Research findings inform that the maximum torque of the standard ECU is 16.63 Nm at 3500 rpm, and the maximum power is 6.36 KW at 4500 rpm. The racing ECU (Iquteche) has a maximum torque of 22.42 Nm at 2500 rpm, and maximum power of 7.70 kW. The apparent increase in torque is around 36.58 % and in power is around 33.9 %. It can be concluded that the Iquteche ECU provides a more optimized engine performance on an automatic motorcycle.

Prestasi mesin sepeda motor berbasis elektronik atau Fuel Injection (FI) memiliki kemampuan atau tenaga yang lebih baik dibandingkan dengan kendaraan sistem konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan unjuk kerja mesin menggunakan Electronic Control Unit tipe racing dan tipe standar pada sepeda motor automatic. Objek penelitian dilakukan pada kendaraan Honda Vario 125cc tahun pembuatan 2013. Penelitian dilakukan dengan menggunkan metode experimental serta analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data torsi maksimal ECU standar sebesar 16.63 N.m pada putaran 3500 rpm, dan daya tertinggi sebesar 6.36 kW pada putaran 4500 rpm. Sedangkan hasil pengujian menggunakan ECU Iquteche diperoleh torsi tertingi sebesar 22.42 N.m pada putaran 2500 rpm, dan daya tertinggi sebesar 7.70 kW. Selain itu juga diketahui adanya peningkatan torsi mesin sebesar 36.58% dan peningkatan daya sebesar 33.99%, serta diketahui juga bahwa penggunaan ECU Iquteche lebih efektif untuk meningkatkan unjuk kerja mesin pada kendaraan jenis sepeda motor automatic.


Keywords


ECU Iquteche, torsi dan daya

Full Text:

FULLPAPER

References


Ali, M. Sudarmanta, B. 2012. Perancangan Sistem Pemasukkan Bahan Bakar Secara Injeksi Langsung (Direct Injection) Pada Mesin 650cc dan Pengaruh Rasio Kompresi Terhadap Unjuk Kerja. Teknik POMITS. Vol 1. No 2. ISSN: 2301-9271. Apewe, M., 2016. Masalah Pada Honda Vario Techno 125 PGM-Fi Brebet, Ngempos dan Bergetar. [Online] Available at: http://newmotic.com/honda-vario-techno125-pgmfi-brebet-ngempos-bergetar [Accessed 16 June 2017]. Fahmi, F. & Yuniarto, M. N., 2013. Perancangan dan Unjuk Kerja Engine Control Unit (ECU) Iquteche Pada Motor Yamaha Vixion. JURNAL TEKNIK POMITS, I(1), pp. 1-6. Heywood, J. B., 1988. Internal Combustion Engine Fundamentals. New York: Mc Graw Hill Book Co. Inc. Rahardjo, W. D., 2014. Mesin Konversi Energi. Semarng: Unnes Press. Yunas, M. & Yuniarto, M. N., 2013. Aplikasi ECU Iquteche Pada Mesin Roadrace 130cc. Jurnal Teknik POMITS, Volume 1.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i2.21411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats