Pengembangan Model Media Video pada Pembelajaran Praktik Pemesinan Bubut

Ridwan Oktavian Hananta, Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Thomas Sukardi, Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


This study aims to examine the development and the usability of a video-based learning media on the subject of lathe metric threading. The study was carried out in class XI of Machining program study. This research is a Research and Development using ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluation) learning design. Data collection techniques that was used were questionnaires and research documentation. The development process of video models is carried out by observation and validation from material experts, media experts and subject teachers. The development of the media resulted in the video-based learning media products in the form of an mp4 video formats. The evaluation of the video media resulted in an average usability of 78.85%, which lies in the ‘very good’ category. In conclusion, the video-based learning media can be used in the teaching and learning process.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran berbasis video pada proses pembuatan ulir metris dengan menggunakan mesin bubut pada kelas XI Teknik Pemesinan. Penelitian ini merupakan Research and Developtment menggunakan desain pembelajaran ADDIE (Analyze-Design-Development-Implement-Evaluate). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket serta dokumentasi penelitian Proses pengembangan model media video dilakukan dengan cara observasi dan melalui validasi dari ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran. Hasil pengembangan media diperoleh produk media pembelajaran berbasis video berbentuk mp4 pada materi pembuatan ulir metris dengan proses pembubutan. Hasil evaluasi produl media video diperoleh persentase kelayakan rata-rata sebesar 78.85% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran berbasis video pada pembelajaran praktik pemesinan bubut dinyatakan layak digunakan pada proses pembelajaran.


Keywords


ADDIE, media pembelajaran berbasis video, pemesinan bubut, pembubutan ulir metris

Full Text:

FULLPAPER

References


Azhar Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Azhar Arsyad. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Cepi Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung:Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia. Fajar U dan Febrianto A. (2017). Pengembangan Video Tutorial Untuk Pembelajaran Gambar Manufaktur SMK Kelas XI. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 5(1), 41-46. Imam M, dkk. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(1), 1-18. Rudi Susilana dan Cepi Riyana. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Smaldino, dkk. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc.. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. (1993). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Wawan S. (2015). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Praktik Pemesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 3 (7), 511-518




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i2.21409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats