Modul Pemesinan Gerinda Bagi Siswa SMK Teknik Pemesinan di Daerah Istimewa Yogyakarta

Fariz Hashfie Saputra, Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas negeri Yogyakarta
Edy Purnomo, Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas negeri Yogyakarta

Abstract


This research and development aims to determine the feasibility level of module learning media of grinding theory and to determine the effectiveness of basic grinding theory to the academic achievement of class XI students in the machining study program. The research methods is quantitative descriptive method. The results   validates the use of grinding theory module in learning activities. The average percentage from the quality of content, instructional and technical, is 91,25%. The effectiveness of basic grinding theory module can be seen from the improvement of students’ marks of 97.28% in average. The increase in the active participation is 33.3%.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran modul teori pemesinan gerinda dan mengetahui tingkat efektivitas modul teori pemesinan gerinda terhadap hasil belajar siswa teknik pemesinan kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini menggunakan langkah Research and Development dan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil pada penelitian ini adalah media pembelajaran modul teori pemesinan gerinda dinyatakan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran dengan rerata persentase kelayakan kualitas isi, instruksional, dan teknis sebesar 91,25%. Efektivitas media pembelajaran modul Teori Gerinda Dasar dapat dilihat dari peningkatan rerata hasil belajar sebesar 97,28% dan peningkatan partisipasi aktif sebesar 33,3%.


Keywords


media Pembelajaran, modul, teori pemesinan gerinda

Full Text:

FULLPAPER

References


Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Alfiata Donny Nuryanto dan Tiwan.(2017). Pengembangan Modul Pengecoran Logam Alumunium untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Vokasional Dinamika Teknik Mesin, 2 (2), 112-116. Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hadi Mursidi dan Tatang Rahmat.(2013).Teknik Pemesinan Gerinda 1.Cimahi : DPSMK KEMENDIKBUD. Kemendikbud. (2017). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 4540/D5.3/TU/2017 Tentang Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan. Kemendikbud. (2018). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 07/D.D5/KK/2018 Tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Nopriyanti. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional Mata Kuliah Gambar Teknik di Program Stude Pendidikan Teknik Mesin. Jurnal Vokasional Dinamika Teknik Mesin, 3 (1), 64-75. Rika Dewi Indriyani, Tiwan, dan Dwi Rahdiyanta. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Membaca Gambar Menerapkan Sistem Koordinat Berbasis Adobe Flash. Jurnal Vokasional Dinamika Teknik Mesin, 2 (1), 59-64. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukoco, dkk.(2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 22 (2), 222-225. Umaryadi.(2007).Modul Bekerja Dengan Mesin Gerinda Teknologi & Industri. Surakarta : Yudhistira. Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: Jayakarta Agung Offset.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i2.21408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats