Relevansi Kompetensi Teknik Gambar Manufaktur di SMK Terhadap Kebutuhan Industri

Ahmad Nur Arifin, Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Febrianto Amri Ristadi, Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


This research aims to identify the relevance of competency of manufacture drawing subject at SMK Muhammadiyah 2 Jatinom compared to the industrial competency needs. The research is a descriptive research. The subjects of the study were students, a teacher of manufacture drawing subject, and drafters working in the manufacturing industry. Questionnaires were used as data collection method. Data were analyzed using statistical descriptive analysis by percentages. The result shows that the relevance of competency of manufacture drawing subject to the industrial competency needs is 74.3%, which is in the category of “medium” relevancy. The learning materials of manufacture drawing subject being taught to the students is 52.3% (highly relevant), while the learning materials itself is 47.7% (medium relevancy).


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi kompetensi mata pelajaran Teknik Gambar Menufaktur di SMK Muhammadiyah 2 Jatinom dengan kebutuhan kompetensi di industri. Penelitian ini merupakan peneltian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru Teknik Gambar Menufaktur dan drafter pada industri manufaktur.  Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisa data yang digunakan adalah statistik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi kompetensi mata pelajaran Teknik Gambar Menufaktur di SMK Muhammadiyah 2 Jatinom terhadap kompetensi kebutuhan industri adalah sebesar 72% dan termasuk dalam kategori cukup relevan. Materi yang sudah diperoleh oleh siswa tentang mata pelajaran TGM 52,3% yang termasuk kategori sangat relevan, sedangkan 47,7% materi yang diperoleh siswa termasuk kategori cukup relevan.


Keywords


relevansi, kompetensi industri, kompetensi teknik gambar menufaktur

Full Text:

Fullpaper

References


Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2016). Tingkat Pengangguran di Indonesia. Diakses tanggal 18 Maret 2017 https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/972.

Giesecke. et al. (2001). Gambar Teknik. (Terjemahan Rahim Gussito, Zulkifli Harahap). Jakarta: Erlangga.

Wahyu Nursalim. (2016). Relevansi Kompetensi Mata Pelajaran Produktif Pengelasan di SMK N 1 Sedayu dengan Kompetensi Las di Industri Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. (Nomor 4 tahun 2016). Hlm. 275-280.

Rachmat Jati Puruasdi. (2016). Relevansi Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di SMK Negeri 2 Pengasih Terhadap Kebutuhan Kompetensi di Industri. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. (Nomor 8 tahun 2016). Hlm. 535-540.

Sujiyanto. (2006). Menggambar Teknik Mesin. Yogyakarta : Kanisius.

Syofian Siregar. (2011). Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN



Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats