PENINGKATAN KOMPETENSI ACTIVE SPEAKING MAHASISWA MELALUI MODEL COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI PGSD

Ali Mustadi,

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi active speaking mahasiswa melalui model Communicative Language Teaching dalam proses kegiatan pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris. Penelitian ini adalah

penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah mahasiswa  kelas  I  B  tahun  ajaran  2012/2013  program  studi  Pendidikan  Guru

Sekolah Dasar (PGSD) FIP UNY. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  teknik  observasi,  tes,  dan  catatan  lapangan.  Hasil  penelitian

menunjukan bahwa penerapan model Communicative Language Teaching dapat meningkatkan kompetensi active speaking mahasiswa dalam proses kegiatan pembelajaran  mata  kuliah  bahasa  Inggris  di  PGSD.  Indikator  active  speaking

(keaktifan berbicara secara aktif-komunikatif). Dalam proses pembelajaran, keterampilan active speaking menjadi fokus utama penelitian tindakan ini, dimana

desain pembelajaran melibatkan empat kompetensi komunikatif yaitu: kompetensi gramatikal, kompetensi sosiolinguistik, kompetensi wacana/discourse, dan kompetensi strategi. Dilihat dari hasil penilaian siklus I  ada peningkatan rara-rata

kelas. Nilai rata-rata kelas pada pra tindakan yaitu 61,77 pada siklus  I meningkat menjadi 76,38. Dan hasil penilaian siklus II  menunjukan adanya peningkatan rara-

rata kelas yang cukup signifikan, dimana nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu

76,38 pada siklus II meningkat menjadi 85,04.

 

Kata Kunci: active speaking, communicative language teaching


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)

 

Creative Commons License
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.

All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640

View My Stats