KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU MEDIA PIECE PAPER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI 3 PLADEN KUDUS

Nurul Fadlilah,
Ary Susatyo Nugroho,
Khusnul Fajriyah,

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dikarenakan model pembelajaran yang diajarkan oleh guru kurang bervariasi sehingga siswa menjadi pasif, selain itu dalam kegiatan pembelajaran kurang disertakan media pembelajaran yang membuat siswa tidak aktif dan bersemangat dalam belajar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran CTL berbantu media piece paper sebanyak 60% siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal, sedangkan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran CTL berbantu piece paper sebanyak 85% siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal. Perhitungan nilai hasil belajar pretest dan posttest terdapat berbedaan, pada nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada pretest yaitu 81>58,6. Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 22,4. Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diketahui hasil lebih besar dari yaitu 5,544>2,039 pada taraf signifikan 5%. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran CTL berbantu media piece paper efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan SD Negeri 3 Pladen Kudus.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Piece Paper, Hasil Belajar, Pecahan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)

 

Creative Commons License
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.

All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640

View My Stats