KEEFEKTIFAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA PUZZLE GAMBAR SERI TERHADAP SISWA KELAS IVSEMESTER 2 SD NEGERI JIKEN 05 BLORA

Betty Suci Tantikasari,
Mudzanatun Mudzanatun,
Kiswoyo Kiswoyo,

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Hal tersebut disebabkan pembelajaran yang monoton dengan penggunaan media yang kurang bervariasi dalam mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD N Jiken 05 Blora tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas IV dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling yang merupakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapat perlakuan deangan menggunakan media puzzle gambar seri diperoleh 19 siswa tuntas dengan presentase 95% dan 1 siswa yang belum tuntas dengan presentase 5%. Hal ini berarti ketuntasan belajar siswa kelas IV SD N Jiken 05 Blora telah mencapai ketuntasan. Uji t yang diperoleh thitung > ttabel (4,480 > 2,093) maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan media puzzle gambar seri efektif terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV semester 2 SD N Jiken 05 Blora.

Kata Kuci: Menulis Karangan Narasi, Media Puzzle Gambar seri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)

 

Creative Commons License
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.

All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640

View My Stats