ANALISIS POSISI VARIABEL KEMAMPUAN DALAM PENELITIAN-PENELITIAN PERILAKU ORGANISASI PENDIDIKAN

Hanifa Intan Desiga,
Cepi Safruddin Abdul Jabar,

Abstract


Berbicara tentang kemampuan individu di sekolah, ada baiknya kita berbicara tentang definisi kemampuan menurut beberapa ahli. Jason, Jeffery dan Michael (2015), mendefinisikan kemampuan sebagai fungsi dari gen dan lingkungan, dan takaran seseorang untuk melakukan suatu kegiatan tergantung pada sifat kemampuan. Sedangkan Stephen P. Robbins dan Timothy (2013) membatasi kemampuan sebagai kapasitas individu untuk melakukan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan. Sehingga kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan relatif stabil berbeda dengan skill  atau ketrampilan yang dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu dengan pelatihan dan pengalaman. Pendapat yang hampir senada dengan Jason, Jeggery, dan Michael dinyatakan oleh Mc Shane dan Von Glinow (2010) bahwa kemampuan mencakup bakat alam yang erat kaitannya dengan kompetensi. Kompetensi merupakan karakteristik individu dalam melakukan suatu kinerja yang unggul. Karakteristik bersifat pribadi seperti pengetahuan, bakat, kepribadian, konsep, dll). Dengan kata lain, dari ketiga rujukan di atas, kemampuan bisa didefinisikan sebagai takaran kompetensi seseorang karena kemampuan fisik dan atau karena lingkungannya untuk melakukan suatu aktivitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)

 

Creative Commons License
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.

All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640

View My Stats