Nongkrong dalam perspektif Dramaturgi Erving Goffman

Muhammad Falih Iqbal, Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Pambudi Handoyo, Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Sugeng Harianto, Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Pelajar di Surabaya nongkrong di kafe dan restoran tidak hanya untuk mengkonsumsi produk yang ditawarkan tetapi juga untuk membentuk makna dan simbol yang memaknai identitas sosialnya. Penelitian ini menjelaskan tentang nongkrong dalam perspektif Dramaturgi Erving Goffman. Dengan melakukan wawancara terhadap mahasiswa di Surabaya, penelitian ini merumuskan beberapa temuan penting mengenai nongkrong di kafe atau restoran yang dilakukan mahasiswa. Hasil penelitian menyebutkan bahwa mahasiswa Kota Surabaya menghabiskan waktu nongkrong 2-4 kali dalam seminggu di kafe dan restoran mewah. Budaya nongkrong di kalangan pelajar Kota Surabaya terlihat dari rangkaian sandiwara dramatis yang ditampilkan di atas panggung di depan media sosial. Serangkaian sandiwara dalam bentuk postingan media sosial dilakukan untuk mengaktualisasikan diri, merepresentasikan kemewahan, meningkatkan gengsi, dan mengikuti tren masa kini.

Students in Surabaya hang out in cafes and restaurants not only to consume the products offered but also to form meanings and symbols that interpret their social identity. This research explains hanging out from Erving Goffman's Dramaturgical perspective. By conducting interviews involving students in Surabaya, the research formulated several important findings regarding hanging out in cafes or restaurants by students. The results of the research state that Surabaya City students spend time hanging out 2-4 times a week in luxury cafes and restaurants. The culture of hanging out among Surabaya City students is seen as a series of dramatic plays performed on the stage in front of social media. A series of skits in the form of social media posts are carried out to actualize oneself, represent luxury, increase one's prestige and follow current trends.


Keywords


Nongkrong, Mahasiswa, Surabaya, Dramaturgi, Goffman

Full Text:

PDF

References


Afdholy, N. (2019). Perilaku Konsumsi Masyarakat Urban Pada Produk Kopi Ala Starbucks. Jurnal Satwika, 3(1), 43–53. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no1.43-53

Amrihani, H. A., & Ritonga, R. (2021). Nikmat Kopi dan Budaya Konsumerisme dalam Status Sosial Masyarakat Kota. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 4(02), 89–98.

Blumer, H. (1969). Symbolic Interaction: Perspective and Methods. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall.

Cooley, C. H. (1964). Human Nature and the Social Order. New York: Scribner.

Ermawati, K.C. & Sari J. A. (2015). Perubahan Sosial Budaya (Studi Kasus: Perubahan Gaya Hidup Anak Muda Di Desa Wironanggan). JPI: Jurnal Pariwisata Indonesia, 10(2), 84–91.

Estika, I. (2017). Lifestyle the Teenagers of City (the Study of Visitors Cafe in Pekanbaru). JOM FISIP, 4(1), 1–15.

Fahtoni, H. (2022). Pemaknaan Aktivitas Nongkrong di Kafe sebagai Budaya Milenial (Studi Fenomenologi Terhadap Pengunjung Kafe di Kota Pematangsiantar). Communication & Social Media, 2(1), 14–21. https://doi.org/https://doi.org/10.57251/csm.v2i1.466

Fauzi, A., Punia, I. N., & Kamajaya, G. (2017). Budaya Nongkrong Anak Muda di Kafe (Tinjauan Gaya Hidup Anak Muda di Kota Denpasar). Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT), 3(5), 1–3. https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/29665

Goffman, E. (1959). The Presentation of Everyday Life. New York: Anchor.

Hapsari, A. D. (2017). Simbol-Simbol Nonverbal Kaum Sosialita (Studi Kasus Penggunaan Simbol-Simbol Komunikasi Nonverbal dalam Membangun Kesan Kemewahan pada Kaum Sosialita Komunitas Pelepas Santai Sejenak di Kota Surakarta Tahun 2016). Tesis. Universitas Sebelas Maret.

Kunzmann, U., Stange, A., & Jordan, J. (2005). Positive affectivity and lifestyle in adulthood: Do you do what you feel? Personality and Social Psychology Bulletin, 31(4), 574–588. https://doi.org/10.1177/0146167204271586

Kurniawan, R., & Utami, R. H. (2022). Validation of Online Fear of Missing Out ( ON-FoMO ) Scale in Indonesian Version. Jurnal Neo Konseling, 4(3), 1–10.

Kushendrawati, S. M. (2006). Masyarakat Konsumen Sebagai Ciptaan Kapitalisme Global: Fenomena Budaya Dalam Realitas Sosial. Makara Human Behavior Studies in Asia, 10(2), 49. https://doi.org/10.7454/mssh.v10i2.19

Mead, G. H. (1962). Mind, Self and Society: From the Standpoint of a Social Behaviorist. Chicago: University of Chicago Press.

Novitasani, L., & Handoyo, P. (2014). Perubahan Gaya Hidup Konsumtif pada Mahasiswa Urban di UNESA. Paradigma, 02(1), 7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/25/article/view/9090

Nurikhsan, F., Indrianie, W. S., & Safitri, D. (2019). Fenomena Coffee Shop Di Kalangan Konsumen Remaja. Widya Komunika, 9(2), 137. https://doi.org/10.20884/wk.v9i2.1962

Parsaulian, B., Aimon, H., & Anis, A. (2013). Analisis Konsumsi Masyarakat di Indonesia. Kajian Ekonomi, I(02), 1–23. https://media.neliti.com/media/publications/7109-ID-analisis-konsumsi-masyarakat-di-indonesia.pdf

Przybylski, A. K., Murayama, K., Dehaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi dari Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Salendra. (2014). Coffee Shop as a Media For Self-Actualization Today’s Youth. Jurnal The Messenger, 6(2), 49–58.

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.

Solikatun, S., Kartono, D. T., & Demartoto, A. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi (Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi Di Kedai Kopi Kota Semarang). Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1).

Spada, M. M. (2014). Addictive Behaviors An overview of problematic Internet use. Addictive Behaviors, 39(1), 3–6. https://doi.org/10.1016/j.addbeh.2013.09.007

Suciptaningsih, O. A. (2017). Hedonisme dan Konsumerisme dalam Perspektif Dramaturgi Erving Goffman. EQUILIBRIA PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(1), 26–32.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tomlinson, A. (1990). Consumption, Identity and Style: Marketing, meanings, and the packaging of pleasure. London: Routledge.

Trimartati, N. (2014). Studi kasus Tentang Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Psikopedagogia, 3(1), 20-28.

Veblen, T. (1994). The Theory of Leisure Class. New York: Penguin Books.

Widiawati, Idrus, I. I., & Mario. (2022). Perilaku Nongkrong Anak Muda Di Cafe (Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Kedai Rakyat Di Watampone). Sawerigading: Journal Of Sociology, 1(2), 33–42.

Widjaja, B. T. (2009). Lifestyle Marketing. Jakarta: Gramedia.

Yugantara, P., Dwi Susilo, R. K., & Sulismadi, S. (2021). Gaya Hidup Ngopi Sebagai Perilaku Konsumsi. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 4(1), 126–137. https://doi.org/10.31538/almada.v4i1.1096

Yuliyasinta, & DS, T. N. E. (2017). Gaya Hidup Hedonis Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Harga Diri. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 344–352.




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v13i1.65282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Falih Iqbal, Pambudi Handoyo, Sugeng Harianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats