Perspektif Gender Penyelenggaraan Pendidikan Di Sekolah Gajahwong Yogyakarta

Syaima Sabine Fasawwa, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Politik, Universitas Negeri, Indonesia
Farida Hanum, Departemen Kebijakan Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian mengkaji perspektif gender dalam praktik pendidikan di Sekolah Gajahwong dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis gender Model Harvard, yang meliputi profil aktivitas, akses, dan kontrol, serta faktor-faktor yang memengaruhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pendidikan di Sekolah Gajahwong telah memiliki kepekaan gender yang berpijak pada nilai-nilai universal kemanusiaan. Setiap individu memiliki hak yang sama, terlepas dari latar belakang apapun, termasuk gender. Faktor yang memengaruhi hal tersebut meliputi faktor internal, yakni manajemen sumber daya manusia di Sekolah Gajahwong, dan faktor eksternal, yakni latar belakang sosial-ekonomi keluarga peserta didik. Perspektif gender berkembang antara pengurus Sekolah Gajahwong, wali peserta didik, dan peserta didik memiliki keterkaitan satu sama lain yang tidak dapat terlepas dari kondisi sosial-ekonomi masyarakat terkait.


Keywords


Kesetaraan Gender; Sekolah Menengah; Pendidikan Gender; Sekolah Gajahwong; Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Aikman, S. & Unterhalter, E. (2007). Practising Gender Equality in Education. Oxford: Oxfam Publishing

Aulia Adam. (201. Bias Gender Bisa Bermula dari Mainan. https://tirto.id/ckVA. Diunduh pada 8 Januari 2023

Bappenas. (2020). Metadata Indikator Pilar Pembangunan Sosial Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (TPB/SDGS). Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. https://sdgs.bappenas.go.id/dokumen/. Diunduh pada 8 Januari 2023

Fitrah, M. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak

Islam. K. M. M., & Asadullah, M. N. (2018). “Gender stereotypes and education: A comparative content analysis of Malaysian, Indonesian, Pakistani and Bangladeshi school textbooks”. PLoS ONE, Volume 13 Nomor 1.

Kemitraan Pengembangan Kapasitas dan Analisis Sektor Pendidikan. (2013). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komnas Perempuan. (2018). Kesetaraan Gender: Perlu Sindergi Antar Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1667/kesetaraan-gender-perlu-sinergi-antar-kementerian-lembaga-pemerintah-daerah-dan-masyarakat. Diundah pada 5 Januari 2023.

Kurikulum Sekolah Gajahwong. (2020). Profil Sekolah Gajahwong. Yogyakarta: Sekolah Gajahwong

Ludgate, N. (2016). Harvard Analytical Framework. INGENAES (Integrating Gender and Nutrition within Agricultural Extension Services). https://agrilinks.org/sites/default/files/resource/files/ING%20Info%20Sheet%20%282016_09%29%202%20Harvard%20Analytical%20Framework%20%28Ludgate%29.pdf. Diunduh pada 8 Januari 2023

Olga Oksman. (2016). Are gendered toys harming childhood development? https://www.theguardian.com/lifeandstyle/2016/may/28/toys-kids-girls-boys-childhood-development-gender-research. Diunduh pada 8 Januari 2023

Pozarny, P. (2016). Peran dan Peluang Gender bagi Perempuan di Perkotaan. GSDRC Helpdesk Laporan Penelitian 1337. Birmingham, Inggris: GSDRC, Universitas Birmingham.

Vanessa Barford. (2014). Do children's toys influence their career choices?. https://www.bbc.com/news/magazine-25857895. Diunduh pada 8 Januari 2023

Victor Lavy & Rigissa Megalokonomou. (2019). Persistency in Teachers’ Grading Bias and Effects on Longer-Term Outcomes: University Admissions Exams and Choice of Field of Study. NBER Working Paper. https://www.nber.org/papers/w26021. Diunduh pada 8 Januari 2023

World Economic Forum. (2022). The Global Gender Gap Report 2022: Insight Report July 2022. World Economic Forum. https://www.weforum.org/reports/global-gender-gap-report-2022. Diunduh pada 7 Januari 2023




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v12i1.60866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syaima Sabine Fasawwa, Farida Hanum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats