Good looking and gaya hidup modern mahasiswa diploma perbankan di Malang

Diah Pusfita Ayu, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Nanda Harda Pratama Meiji, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Fenomena good looking sebagai persyaratan bagi calon mahasiswa D III Perbankan di kota Malang menjadi salah satu isu yang viral di kalangan masyarakat di ruang media sosial beberapa waktu terakhir. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji fenomena good looking dan perspektif lifestyle pegawai bank dalam konteks mahasiswa D III Perbankan di kota Malang sebagai calon pegawai bank. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara secara langsung dengan informan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa persyaratan good looking yang telah diterapkan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak kurikulum dari kampus dalam memenuhi kriteria yang dimiliki oleh industri. Ekspektasi yang dimiliki oleh mahasiswa D III Perbankan tentang lifestyle pegawai bank sebagai seorang calon pegawai bank adalah gaya hidup yang hedon demi menunjang penampilan mereka selama bekerja dan melayani nasabah.


Keywords


Good looking, lifestyle, perbankan, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. E. S. K. I. (2017). Pengaruh Kepribadian, Gaya Hidup, dan Konsep Diri Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kota Makassar. Skripsi. UIN Alauddin.

Aminudin, M. (2022). Penjelasan Universitas Brawijaya Tentang Syarat Good Looking D3 Perbankan. Detikjatim. Https://Www.Detik.Com/Jatim/Berita/D-6175230/Penjelasan-Universitas-Brawijaya-Tentang-Syarat-Good-Looking-D3-Perbankan

Astari, A. K. Konsep Diri Laki-Laki Metroseksual Di Lingkungan Fisip Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Dyah Ayu Pratiwi, A. (2021). Pengaruh E-WOM, Lifestyle, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (studi kasus siswa/siswi SMAN 3 PONORGO). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Fadhillah, N. R., & Ediyono, S. (2023). Perilaku Konsumtif Oleh Masyarakat Konsumsi Dalam Perspektif Teori Jean Baudrillard [Studi Kasus: Tiktok Shop]. Marketgram Journal, 1(1), 39-43.

Farida, N. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Solo: Cakra Books, 1(1).

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(2), 165-172.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Mardiah, A. (2018). Pengaruh Penampilan Modis Terhadap Pengembangan Karir Karyawan Perempuan Pada Bank Danamon Cabang Pekanbaru. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 9(2), 134-148.

Shafira, M., Komariah, S., & Wulandari, P. (2022). Analisis Teori Looking-Glass-Self Cooley: Fenomena Eksistensi Akun Kampus Cantik dan Konstruksinya di Masyarakat. The Indonesian Journal of Social Studies, 6(2), 12-20.

Nafli, A. (2019). Hubungan Antara Citra Diri Dengan Perilaku Konsumtif Membeli Produk Make Up Pada Wanita Karir. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung).

Pramesti, D. G. (2020). Perilaku Konsumtif Warganet Followers Selebriti Instagram @Aghniapunjabi Dalam Tinjauan Teori Jean Baudrillard. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Pranata, Y. H. (2020). Representasi Pria Metroseksual Dalam Iklan Televisi Produk Perawatan Wajah Pria (Analisis Semiotika Pada Iklan Produk Perawatan Wajah Garnier Man–Turbo Light Oil Control 3 in 1 Charcoal). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahayu, A. D., & Listyani, R. H. (2018). Komodifikasi Tubuh Perempuan Pegawai Bank. Paradigma, 6(1). 1-15.

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern (Edisi Kedua). Pustaka Pelajar.

Utami, A. M. S. (2012). Konsep Diri Pria Metroseksual. Skripsi, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Wahyuningtyas, D. (2017). Konstruksi presentasi diri: studi pada pria metroseksual di instansi pemerintahan. Jurnal Kawistara, 7(1), 56-66.

Zuhdi, K. N., M, H. B., Aprilia, N. F., & Putra, P. H. (2021). Praktik Masyarakat Konsumsi Online Dalam Perspektif Baudrillard. 1(6), 681–687.




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v12i2.59887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diah Pusfita Ayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats