STRATEGI POKDARWIS DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI DESA WISATA (STUDI KASUS DESA WISATA GIYANTI, WONOSOBO)

Ines Wulan Sari, Prodi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
V. Indah Sri Pinasti, Prodi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kebijakan otonomi daerah khususnya di pedesaan memberikan keleluasaan bagi Desa untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya sendiri salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan dapat diwujudkan melalui desa wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan Pokdarwis dalam pemberdayaan masyarakat di Dusun Giyanti serta untuk mengetahui strategi yang dilakukan Pokdarwis dalam memberdayakan masyarakat Dusun Giyanti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemberdayaan di Dusun Giyanti melalui  Desa Wisata Giyanti, Pokdarwis melakukan beberapa upaya yaitu: Pokdarwis meningkatkan partisipasi masyarakat, dan memaksimalkan sumber daya melalui pelatihan-pelatihan. Pokdarwis juga menerapkan strategi dalam melaksanakan program pemberdayaan, yaitu (1) Memberikan motivasi pada masyarakat berupa pembentukan kelompok-kelompok kesenian dan kerajinan (2) Peningkatan kesadaran dan pelatihan kemampuan (3) Manajemen diri (4) Mobilisasi sumber daya (5) Pembangunan dan pengembangan jejaring.


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, Pokdarwis, Strategi Pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Hamid, H. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Makassar: De La Macca.

Suharto, E. (2017). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Nasdian, F. (2015). Pengembangan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mulyawan, R. 2016. Masyarakat, Wilayah, dan Pembangunan. Sumedang:Unpadpress.

Zubaedi. 2013. Pengembangan Masyarakat Wacana dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Jurnal:

Mustangin, dkk. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata di Desa Bumiaji. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi. 2(1):59-72.

Tonglo, Seriany. 2016. Upaya Pemberdayaan Masyarakat Lokal Pada Daya Tarik Lemo, Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Destinasi Pariwisata. 4(1). Universitas Udayana.

Sochimin. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pariwisata. Jurnal Ekonomi Islam. 7(2): 225-278

Larasati, N. K. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya Berkelanjutan Pada Kampung Lawas Maspati Surabaya. Jurnal Teknik. 6(2): 17-27.

Puspita, D. (2017). Strategi Pengelolaan Desa Wisata Giyanti, Kabupaten Wonosobo. Jurnal Administrasi Publik. 1(1): 1-10.

Sonya, dkk. 2014. Model Pengembangan Masyaraat Berbasis Budaya dan Lingkungan Hidup Dalam Menumbuhkan Ekonomi Kreatif. Bandung: Pusat Penelitian Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Tonglo, Seriany. 2016. Upaya Pemberdayaan Masyarakat Lokal Pada Daya Tarik Lemo, Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Destinasi Pariwisata. 4(1). Universitas Udayana

Mudana, W. (2015). Pemberdayaan Masyarakat di Daerah Tujuan Wisata Desa Pemuteran Dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 4(2): 598-607.

Priyanto, D. (2016). Pengembangan Potensi Desa Wisata Berbasis Budaya Tinjauan Terhadap Desa Wisata di Jawa Tengah. Jurnal Vokasi Indonesia. 4(1): 77-83.




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v11i2.59271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ines Wulan Sari, V. Indah Sri Pinasti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats