FENOMENA BEAUTY VLOGGER PADA PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWI YOGYAKARTA

Putri Maharani, Prodi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Grendi Hendrastomo, Prodi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena Beauty Vlogger yang menyebabkan terbentuknya perilaku konsumtif di kalangan mahasiswi Yogyakarta dan dampak yang ditimbulkan karena perilaku konsumtif yang dilakukan mahasiswi akibat pengaruh dari tayangan Beauty Vlogger. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan narasumber berjumlah 9 mahasiswi. Sumber data penelitian berupa data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbentuknya perilaku konsumtif mahasiswi Yogyakarta dikarenakan mahasiswi mengalami proses simulacra, simulacrum dan hipperealitas, setelah menonton tayangan Beauty Vlogger pada channel youtube, yang berdampak menyebabkan mahasiswi berperilaku konsumtif untuk selalu tertarik membeli produk yang diulas oleh Beauty Vlogger.

Keywords


Beauty Vlogger, Mahasiswi Yogyakarta, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Adam, Aulia. (2018). Saling Menguntungkan antara Beauty Vlogger dan Industri Kecantikan. Saling Menguntungkan antara Beauty Vlogger dan Industri Kecantikan (tirto.id) (diakses pada 12 Agustus 2021)

Arista, Yohana. (2018). Pengaruh Tutorial Kecantikan di Youtube Terhadap Perilaku Konsumtif Kosmetik Pada Wanita. Skripsi Universitas Lampung, Bandar Lampung.

A Shimp, Terence. (2007). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid I, edisi Terjemahan, Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu /pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bina Aksara.

Baudrillard, Jean. (2004). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Burhan, Bungin. (2006). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Eriana. (2018). Efek Program Monthly Favoriter dalam Akun Youtube Suhay Salim terhadap Perilaku Konsumtif Fanbase Tersuhaylah (Survei pada Grup Line Fanbase Tersuhaylah). Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Fadhillah. (2011). Relevansi Logika Sosial Konsumsi dengan Budaya Konsumerisme dalam Perspektif Epistimologi Jean Baudrillard. Jurnal Kyberman, Vol. 2 No. 1 2011.

Fischer. (2014). Make up, Youtube and Ameteur Media in the the Twenty-First Century. Universitas of Calgary

Kirnandita, Patresia. (2017). Fesyen Gen Z: Minggir Seleb Teve, Selebgram Panutan Kami. Fesyen Gen Z: Minggir Seleb Teve, Selebgram Panutan Kami (tirto.id) (diakses pada 21 Mei 2020)

Kusumaningrum, A., & Wicaksono, B. (2018). Hubungan Electronic Word of Mouth dan Hedonic Shopping Motivation dengan Perilaku Konsumtif Produk Make Up Pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi, Vol. 4. No. 1, Juni 2018. UNS, Solo.

Kuswarno, Engkus. (2009). Metode Penelitian Komunikasi: Fenomenologi, Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Widya Padjajaran. Perpustakaan Pusat UII.

Lestari, Anisa. (2017). Efek Tayangan Indo Beauty Vlogger di Situs Youtube Terhadap Perilaku Imitasi Mahasiswi. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Maulana, A., & Fajrina, H. (2016). Dahulu Ada Blog, Kini Mulai Nge-Vlog. Dahulu Ada Blog, Kini Mulai Nge-Vlog (cnnindonesia.com) (diakses pada 28 Desember 2019)

Maulana, I., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak Vol. 17, No. 1, Maret 2020. Universitas Padjajaran, Bandung.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Piliang, Y.A. (1998). Sebuah Dunia yang Dilipat: Realitas Kebudayaan Menjelang Millennium Etiga Dan Matinya Posmodernisme. Bandung: Mizan Pustaka.

Paraswati, D.M. (1997). Korelasi Antara Perilaku Konsumtif dengan Status Ekonomi Sosial Pembantu Rumah Tangga di Perumahan Perkotaan. Komunitas, volume III (6).

Ritzer, George & Goodman, Douglas J. (2008). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Predana Media.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sykes, Sarah. (2014). Making Sense of Beauty Vlogging. Thesis. Carnegie. Mellon University.




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v11i2.59264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Maharani, Grendi Hendrastomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats