ANALISIS PENGATURAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 LEVEL MIKRO DAN MAKRO

Sasiana Gilar Apriantika, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Hukum dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Poerwanti Hadi Pratiwi, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Hukum dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Aris Mariana, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Hukum dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Datu Jatmiko, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Hukum dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pemetaan pengaturan pemanfaatan sumber belajar digital (SBD) dalam perguruan tinggi dalam level mikro (satuan Pendidikan, daerah) maupun level makro (kementerian dan pusat), sebagai bentuk dukungan regulasi dalam pembelajaran daring masa Pandemi Covid-19 khusunya berkaitan dengan penggunaan sumber belajar digital. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan analisis isi (analisis konten). Analisis konten digunakan dengan melakukan kajian terhadap dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kebijakan sumber belajar digital yang terdiri dari 10 dokumen kebijakan. Hasil dari penelitian ini adalah kebijakan berkaitan dengan Sumber Belajar Digital belum banyak ditemukan, namun lebih banyak kebijakan terkait aspek pendidikan selama Pandemi Covid-19 adalah berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran daring. Pada 10 dokumen kebijakan secara umum, terdapat beberapa poin yang menjadi fokus pembahasan kebijakan. Terdapat 2 level, yaitu level Makro dan mikro. Pada level makro, dokumen kebijakan lebih banyak mengatur tentang (1) pihak yang terlibat dalam pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. (2) Menata Ulang Pendidikan dan Mempercepat Perubahan Positif dalam Pengajaran dan Pembelajaran/ (3) Peluang dan Tantangan Pemanfaatan Sumber Belajar Digital (SBD) Selama Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Sedangkan pada level mikro (tingkat perguruan tinggi UNY) (1) analisis kebijakan berfokus pada kebijakan berkaitan dengan pembelajaran daring di level Universitas Negeri Yogyakarta. Sebelum pandemic Covid-19, UNY telah melaksanakan Hybrid Learning. (2) Pembatasan kerja dan pembatasan belajar bagi sivitas akademika UNY.


Keywords


Sumber Belajar Digital, Analisis Kebijakan, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Bozkurt, A., Okur, M. R., & Karadeniz, A. 2016. Use of digital books at academic level: Perceptions, attitudes and preferences of post-graduate students. International Journal of Human Sciences, 13(1), 663. https://doi.org/10.14687/ijhs.v13i1.3534

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. 2020. Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Conforti, P. K., Zaheer, R., Levit, A. J., Cheung, A. H., & Schacar, R. 2021. The Impact of a Harry Potter-Based Cognitive-Behavioral Therapy Skills Curriculum on Suicidality and Well-being in Middle Schoolers: A Randomized Controlled Trial. Journal of Affective Disorders, 286, 134–141.

Dunn, W. N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik Ed. Kedua. Gadjah mada University Press.

Fereday, J., & Muir-Cochrane, E. 2006. Demonstrating rigor using thematic analysis: A hybrid approach of inductive and deductive coding and theme development. International Journal of Qualitative Methods, 5.

Gonzales, T., de la, R., Hincz, K. P., Comaz - Lopez, M., Subirats, L., Fort, S., & Sacha, G. M. 2020. Influence of Covid-19 confinement on students’ performance in higher education. PLoS ONE, 15 (10). https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0239490

Handoyo, E. 2012. Kebijakan Publik. Widya Karya.

Hill, J. R., & Hanaffin, M. J. 2001. Teaching and Learning in Digital Environment: The Resurgence of Resources-Based Learning. ETR & D, 49 (3).

Januszeski, A., & Molenda, M. 2008. Educational Technology: A Definition with Commentary. Lawrence.

Krippendorff, K. (2004). Content analysis: An introduction to its methodology (2nd ed). Sage.

Nie, Y. 2020. On-line classroom visual tracking and quality evaluation by an advanced feature mining technique. Signal Processing: Image Communication, 84.

Pratiwi, P. H., Martiana, A., & Janurati, N. E. 2018. Pemanfaatan Sumber Belajar Digital dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Riffe, D., Lacy, S., Fico, F., Riffe, D., Lacy, S., & Fico, F. G. 2006. Analyzing Media Messages (0 ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781410613424

Rohman, A., & Wiyono, teguh. 2010. Education Policy in Decentralization Era. Pustaka Pelajar.

Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. 2020. Student perception data on online learning using heutagogy approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152

Solihin, A. W. 1997. Analisis kebijaksanaan, dari Formulasi Ke implementasi kebijaksanaan Negara (Edisi Kedua). Bumi Aksara.

Zhang, Y., Liu, S., Liu, Y., Yang, H., Li, M., Huisingh, D., & Wang, L. 2018. The ‘Internet of Things’ enabled real-time scheduling for remanufacturing of automobile engines. Journal of Cleaner Production, 185, 562–575. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.02.061

Zhuang, Q., Sun, G., Zhang, F., Zhang, J., You, L., Chen, S., Zeng, K., Meng, X., Li, W., Peng, Y., Peng, P., Zhu, W., Qin, M., Chen, M., Hu, B., & Pan, H. 2021. How Internet technologies can help hospitals to curb COVID-19: PUMCH experience from China. Health Information Management Journal, 50(1–2), 95–98. https://doi.org/10.1177/1833358320946674




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v11i1.59124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sasiana Gilar Apriantika, Poerwanti Hadi Pratiwi, Aris Mariana, Datu Jatmiko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats