PONDOK PESANTREN SEBAGAI TEMPAT SOSIALISASI BERBASIS KEAGAMAAN (STUDI KASUS DI UNIT SMP IT PUTRA PPTQ IBNU ABBAS KLATEN)

Jatmiko Suryo Gumilang, SMP IT Ibnu Abbas, Klaten, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola sosialisasi diterapkan, bagaimana santri menyikapi pola sosialisasi yang ada di lingkungan pondok, dan bagaimana dampak yang ditimbulkan dengan penerapan pola sosialisasi dalam proses pembinaan santri, khususnya di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ibnu Abbas Klaten. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Pendidikan yang diketahui secara khalayak umum mencakup tiga kategori yaitu: pendidikan informal, pendidikan formal, dan juga pendidikan nonformal. Pondok Pesantren sebagai salah satu tempat pendidikan, dimana anak harus tinggal di lingkungan pondok. Selama masa pendidikannya, pondok memberikan semua kategori pendidikan. Mulai dari pendidikan informal, pendidikan formal dan juga pendidikan non formal. Dimana ketiga kategori pendidikan tersebut menjadi pola bagi sosialisasi anak dalam rangka mengenyam pendidikan untuk menyongsong masa depannya.

Keywords


Pendidikan, Sosialisasi, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Ali Mukti, dkk. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren. Jakarta Selatan: Rumah Kitab.

Dafi Mulyono, Yohanes Bahari, Amrazi Zakso; 2013; (‘FUNGSI SOSIALISASI REPRESIF TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMA ISLAM BAWARI PONTIANAK’); https://jurnal.untan.ac.id/

Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an Tajwid Dan Terjemah. Bandung: Jabal Raudhatul Jannah.

Hermanto Bambang. 2014. “Makna Sosialisasi Nilai Orang Tua Terhadap Anak”. Jurnal Universitas Airlangga Surabaya.

Idi Abdullah, H. 2016. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Lickona Thomas. 2016. Educating for Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moleong, J.Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mursyid, “Implementasi Pola Sosialisasi Represipatif di Pesantren IMMIM Putra Makassar dalam Pembentukkan Karakter Santri yang Unggul”, Jurnal Universitas Negeri Makassar, 2018.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sani Ridwan Abdullah & Kadri Muhammad. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.

Soekanto, Soerjono. 1999. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (https://jateng.kemenag.go.id).

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v11i1.59121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jatmiko Suryo Gumilang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats