PENERAPAN HIDDEN CURRICULUM PADA PROSES PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 : PERSPEKTIF SOSIOLOGI KURIKULUM

Elvanisa Maemun, Program Studi Pendidikan Sosiologi, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Subhan Widiansyah, Program Studi Pendidikan Sosiologi, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan artikel ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Hidden Curriculum dalam pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter/budi pekerti dalam proses pembelajaran online. 2) Untuk mengetahui kajian Sosiologi Kurikulum dalam membahas Hidden Curriculum. 3) Untuk mengetahui bagaimana tanggapan dari adanya kurikulum darurat atau penyederhanaan kurikulum pendidikan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan observasi, serta analisis data primer dan sekunder untuk melengkapi kebutuhan data penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNTIRTA angkatan 2018. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah : 1) Proses pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19 menjadi pilihan dan alternatif yang baik. 2) Penerapan nilai-nilai pendidikan karakter/budi pekerti dalam Hidden Curriculum pada proses pembelajaran online dirasa belum optimal. 3) Penyederhanaan kurikulum pendidikan di masa pandemi Covid-19 cenderung mendapat tanggapan yang positif dan dapat diterima dengan baik.


Keywords


Hidden Curriculum, Pembelajaran Online, Sosiologi Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Al-Nur, Widya Rahmawati. 2019. “Pengembangan Hidden Curriculum Untuk Menunjang Pendidikan Antikorupsi di MIN 1 Banyumas”. Tesis. 1-103.

Aslan. 2019. Hidden Curriculum. Makassar :Pena Indis.

Gusty, Sri dkk. 2020. Belajar Mandiri : Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi. Yayasan Kita Menulis.

Hidayat., Rakhmat. 2013. Pengantar Sosiologi Kurikulum. Jakarta : Rajawali Pers.

Julaiha, Siti. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran”. Jurnal Dinamika Ilmu. Vol. 14. No 2, Desember 2014, 226-239.

Kemdikbud. 2020. “Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus”. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus. Diakses pada 11 April 2021 .

Setiawan, Rizki. “Pembangunan Nilai

Demokrasi dan Nasionalisme sebagai Kurikulum Tersembunyi di SMAN CMBBS”. Jurnal Hermeneutika. Vol. 3, No. 1, Mei 2017, 10-20.

Setiawan, Rizki dan Eti Komalasari, “Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi Di Tengah Pandemi Covid-19”. Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan dan Sosiologi. Vol. 4 No. 1, Mei 2020, 1-13.

Tesniyadi, Dema. 2018. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta. Samudera Biru.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP – UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan : Bagian II. Bandung : PT. Imperial Bhakti Utama.




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i2.47298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Elvanisa Maemun, Subhan Widiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats