Praktik Sosial dan Dinamika Pendidikan di Pondok Pesantren

Dwi Astutik, Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP UNS, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dinamika interaksi dan perilaku sosial sehari-hari santriwati di dalam pondok pesantren yang tidak terlepas dari nilai, norma, dan budaya keluarga serta lingkungan di sekitar santriwati. Metode fenomenologi dipilih karena berusaha memahami pemahaman aktor terhadap fenomena yang muncul dalam kesadarannya, serta fenomena yang dialami oleh informan dan dianggap sebagai entitas yang ada di dunia. Tidak hanya keluarga yang memberikan pengaruh pada interaksi dan perilaku (I dan Me) santriwati, keberadaan lingkungan yang terdiri dari lingkungan pondok pesantren, teman sebaya, sekolah, internet termasuk di dalamnya media sosial memberikan pengaruh yang besar. Dialektika “I” berupa kehendak yang sering bertentangan dengan “Me” berupa norma sosial pondok pesantren, banyak dipengaruhi society yang merupakan faktor struktural. Ketika “I” bekerja lebih kuat dibandingkan “Me”, mind dalam diri santriwati memilih untuk melakukan perilaku sosial yang cenderung melanggar norma sosial pondok pesantren seiring pengaruh dan interaksi terus menerus antara self, mind dan society

Keywords


Pendidikan Pesantren, Santriwati, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Denzin, Norman K & Lincoln, Yvonna S, 1994. The SageHandbook of Qualitative Research (terjemahan), Thousand Oaks, California, SAGE Publications.

___, (2011). The SageHandbook of Qualitative Research (terjemahan), Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fansuri, Novicha Zayantinoor. (2014). Pengaturan Privasi Komunikasi Santriwati pada Aktivitasnya di Media Sosial Facebook di Pondok Pesantren Modern Wilayah Jombang, skripsi tidak dipublikasikan, fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional ”VETERAN” Jawa Timur.

Mead, George H, Socialization and Social Interaction Throughout the Life Course dalam Essentials of Sociology, Lindsley Linda L and Beach Stephen, Prentice Hall.

Rizwan, M, Rehman, Adeel Ur, dan Shabbir. (2014). Explorative Study Of Parents Education Effect On The Socialization On Of Their Children (A Case of district Muzaffar Garh, Research and Humanitas and Social Sciences, Vol.4, No.26, Pp:81-86.

Ritzer, George. (2013). Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Ritzer, Goerge. 2011. Sociological Theory. America, New York: The McGraw-Hill Companies. Diakses 21 Agustus 2015, dari BookFi Database.

Ritzer, George. (2004). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.

Ritzer, George & Goodman, Douglas J. (2004). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Ritzer, George. (2003). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Supraja, dkk. (2013). Alienasi, Fenomenologi, dan Pembebasan Individu. Yogyakarta : Lingkar Studi Mikrososiologi UGM.

Berns, Roberta M, (2007), Child, Family, School, Community, Socialization and Support, Wadsworth Cengage Learning, diakses 10 Januari 2016, dari BookFi Database.

Gudmunson, Clinton dan Danes, Sharoon, (2011), Family Financial Socialization: THEOry and Critical Review, Journal of Family and Economic Issues, No. 33, Pp: 644-667.

Lindsley and Beach, (2004), Socialization and Social Interaction Throughout Life Course, Essentials of Sociology, Pp:1-9.

Marjuki dan Masrukin, (2019), Motif Prang Tua Santri di Pondok Pesantren HM LIrboyo, Jurnal IAIT Kediri, Vol. 30; No 1, Pp: 166-181

Rummel, R.J. “Social Behavior and Interaction.” dalam Understanding Conflict And War: Vol. 2: The Conflict Helix. Beverly Hills. CA: Sage Publications Database.

Saylor Academy. (2015). “Socialization.” Diakses September 27, 2015 dari http://cnx.org/content/m43027/latest/?collection=col11407/1.7.

Saldana, Justin. (2013). Power and Conformity in Today’s School, Journal of Humanities and Social Science. Vol. 3, No 1, Pp:228-232




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v9i1.38931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Astutik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats