Implementasi Penanaman Nilai Karakter Jujur dan Disiplin Melalui Ekstrakurikuler Wajib Pencak Silat Tapak Suci di SMK Muhammadiyah 2 Blora

Wahyu Ginanjar, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Grendi Hendrastomo, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Endah Januarti, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin beserta praktiknya saat di dalam maupun di luar melalui ekstrakurikuler wajib Tapak Suci di SMK Muhammadiyah 2 Blora. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter jujur dan disiplin diterapkan menggunakan strategi pembinaan rohani, pemberian nasihat, pemberian hukuman, pembinaan mental dan metode pembiasaan dilengkapi dengan contoh pelatih yang diterapkan dalam latihan rutin dan Ujian Kenaikan Tingkat. Jujur dan displin dipraktikkan baik di dalam ekstrakurikuler Tapak Suci maupun diluar ekstrakurikuler Tapak Suci..

 

his research is aimed to find out the implementati on of building the values oftrustworthiness and discipline character with the practice both implicit and explicitthrough Tapak Suci compulsory extracurricular in SMK Muhammadiyah 2 Blora. Themethod is qualitative. The result showed that the character values of rustworthiness and discipline could be applied by using spiritual guidance, counseling, giving penalties, mental developing, and using habitual method which provided examples of trainers applied in the regular training and grade examination. Trustworthiness and discipline could be applied in Tapak Suci inside and outside.

Keywords


Tapak Suci, Nilai Karakter, Jujur, Disiplin

Full Text:

Download PDF

References


Direktorat Dikmenjur. (2003). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Imbal Swadaya SMK Kecil. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djiwandono. P. I. (2015). Meneliti Itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Deepublish.

Hadisi. L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini, Jurnal Al-Ta'dib, 8 (2). 64.

Hamdi, dkk. 2014. Metodwe Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Hariono. A. (2008). Pencak Silat Sebagai Sarana Pembentukan Karakter. Seminar Olahraga Nasional Ke II . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru di MTS Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kriswanto. E. S. (2015). Pencak Silat (Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat, Teknik-Teknik dalam Pencak Silat, Pengetahuan Dasar Pertandingan Pencak Silat). Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.

Lestari. M. D. (2018). Penanaman Karakter Religius, Disiplin dan Tanggungjawab Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Lulu Putri Utami. 2016. PLS Sebagai Solusi Alternatif Kenakalan dan Degradasi Remaja. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Morissan. (2017). Metode Penelitian Survey. Jakarta: KENCANA.

Mulyana. (2013). Pendidikan Pencak Silat: Membangun Jati Diri dan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslion. E. (2018). Kontemplasi Demokrai, Politik dan Pemerintahan Pasca Reformasi. Yogyakarta: Deepublish.

Nuh. M. (2013). Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Murdiyastomo, HY. A. (2017). Serat Wedatama and character education. Journal of Social Studies (JSS), 13(1). 63-69. https://doi.org/10.21831/jss.v13i1.16974

Poerwandari. (2001). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Putri. N. A. (2011). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi. Komunitas.

Quamila. A. (2018). Pengaruh Latihan J-Bands Exercise Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Lengan pada Pukulan Atlet Pencak Silat di Universitas Muhammadiyah Malang. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahmawati,dkk. (2015). Perilaku Menyontek Ditinjau dari Orientasi Tujuan Belajar Siswa SMA/MA di Surakarta. Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis (p. 02). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sukarni, dkk. (2016). Tapak Suci dan Karakter Siswa. Equilibrium.

Sukmadinata. N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sumadi, dkk. (2015). "Pengaruh Disiplin Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Filial", Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4 (9).

Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1). 1-12. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226.

Wibowo. A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, dkk. (2014). "Pengaruh Reward and Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli", Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Vol 2

Yanuar. H. (2015). "Menteri Anies: Pencak Silat Bagian Pembentukan Karakter Anak. Jakarta".https://www.liputan6.com/news/read/2176029/menteri-anies-pencak-silat-bagian-pembentukan-karakter-anak. Diakse pada 19 Januari 2019

Zulfah, Z., & Shofa, R. A. (2019). Information checking as a form of character management in education. Journal of Social Studies (JSS), 15(1). 63-76. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.32809




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v8i2.35653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Wahyu Ginanjar, Grendi Hendrastomo, Nur Endah Januarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats