Penguatan Pendidikan Karakter Kerja Keras pada Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek di Dusun Pule, Tegalrandu, Srumbung, Magelang

Alfi Dwi Cahyani, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Puji Lestari, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Aris Martiana, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan tahapan permainan tradisional Engklek dan implementasi pendidikan karakter kerja keras pada anak dalam kehidupan sehari-hari di Dusun Pule, Tegalrandu, Srumbung, Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 7 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data milik Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan permainan tradisional Engklek di Dusun Pule dibagi menjadi dua yaitu tahap pra permainan yang terdiri dari lima langkah dan tahap permainan yang juga terdiri dari lima langkah permainan. Adapun implementasi karakter kerja keras yang dilakukan oleh anak-anak dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: (1) Tekun dan ulet (2) Teliti dan cermat (3) Menghargai waktu (4) Bekerja keras (5) Bekerja cerdas (6) Disiplin (7) Sabar (8) Ikhlas (9) Pantang menyerah.


Keywords


Permainan Tradisional Engklek, Karakter Kerja Keras, Implementasi

Full Text:

Download PDF

References


Alif, M. Z. (2013). Budaya Permainan sebagai Representasi dari Realita: Nilai dan Makna dalam Permainan Sondah Mandah di Indonesia. Jurnal ISBI Vol 1, No 2. Diakses pada 10 Maret 2019.

Ansori, M., Firdaus, A., Arinati, Zaenuddin, H., Hendrawan, B., Widyastuti, H., et al. (2016). Pendidikan Karakter Wirausaha. Batam: Penerbit Andi.

Apriani, D. (2013). Penerapan Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA Al Hidayah 2 Tarik Sidoarjo. Jurnal Unesa Vol 2 No 1. Diakses pada 10 Maret 2019.

Cahyandari, A. G. (2014). Hompimpah: Sebuah Kajian Etnolinguistik pada Permainan Rakyat. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Dalmeri. (2014). Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Jurnal Al-Ulum Vol 14 No 1. Diakses pada 20 Maret 2019.

Handayani, N. W., & Sumaryati. (2014). Upaya Orang Tua dalam Menanamkan Karaker Kerja Keras Anak Usia Remaja di Dusun Tegalyoso Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta. Jurnal Citizenship Vol 4 No 1. Diakses pada 16 Maret 2019.

Hanum, F. (2013). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Kasnadi & Sutejo. (2017). Permainan Tradisional sebagai Media Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional PPKn III. STKIP PGRI Ponorogo.

Lickona, T. (2014). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Malik, H. (2011, April 7). Kompasiana. Retrieved Januari 20, 2019, from www.kompasiana.com.

Mardayani, K. T., & dkk. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B di PAUD Widhya Laksmi. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4 No 2. Diakses pada 16 Maret 2019.

Nugroho, W. S. (2014). Analisis Pengembangan Karakter Kerja Keras dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pratiwi, A. A. (2016). Peningkatan Sikap Kerja Keras dan Prestasi Belajar IPS melalui Model Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) pada Materi Masalah Sosial di Kelas IV SD Negeri 1 Besuki. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Roshayanti, F., & dkk. (2014). Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sains melalui Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional "Engklek". PROSIDING SEMNAS ENTREPRENEURSHIP (pp. Hal 326-340). Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1). 1-12. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226.

Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Jurnal Paradigma Vol 2 No 3. Diakses pada 10 Maret 2019.

Yulita, R. (2017). Permainan Tradisional Anak Nusantara. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v8i1.35568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats