SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KINERJA GURU SOSIOLOGI DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM)

Kristina Syahreza *,

Abstract


Kualitas kegiatan belajar mengajar antara lain dipengaruhi oleh guru, kualitas ini tidak lepas dari pemantauan para supervisor. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan KBM maka perlu perlu mendapat perhatian dari supervisor melalui supervisi akademik yang dilakukan secara berkala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa peningkatan kinerja guru sosiologi, kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan supervisi serta upaya yang dilakukan akan kendala supervisi akademik yang dihadapi diseluruh SMA Negeri kota Bengkulu.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah guru sosiologi di SMA Negeri 1 Bengkulu, SMA Negeri 2 Bengkulu, dan SMA Negeri 4 Bengkulu.Cara pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi langsung selama proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara selama wawancara berlangsung serta pencatatan dokumen yang mendukung penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan cara proposive sampling yaitu bahwa sampling tidak mewakili populasi tetapi informasinya. Sedangkan uji validitas data menggunakan tringulasi, yaitu tringulasi sumber, tringulasi metode dan tringulasi teori. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dari Milles dan Hubberman yaitu redukusi data, sajian data, dan vertifikasi/penarikan kesimpulan.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh bahwa supervisi akademik memiliki pengaruh terhadap peningkatan kinerja guru sosiologi. Ini dapat dilihat dari penyusunan program pengajaran yaitu terlihat pada penggunaan metode yang bervarian pada proses pembelajaran, evaluasi belajar dan analisis evaluasi belajar serta penyusunan program perbaikan yaitu dengan tersedianya buku penilaian untuk melihat kemajuan belajarnya, sehingga hal ini menjadi perbaikan bagi guru sosiologi untuk memperbaiki kinerjanya kedepan. Kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan supervisi akademik yaitu kurangnya supervisi yang dilakukan oleh pengawas Diknas, keterbatasan waktu kepala sekolah untuk mensupervisi guru sosiologi, kurangnya guru senior/sejawat untuk membantu kepala sekolah pada pelaksanaan supervisi akademik serta kurangnya dana dalam RAPBS untuk pelaksanaan supervisi akademik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pada supervisi akademik yaitu diskusi antar kepala sekolah/guru senior dengan guru sosiologi yang bersangkutan serta kerjasama sekolah dengan pengawas Diknas.

 

Kata Kunci: Akademik, Supervisi, Kinerja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v4i1.3427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats