PENINGKATAN KETERAMPILAN CARE GIVER DI POS PAUD WONOSARI GUNUNG KIDUL MELALUI METODE DEMONSTRASI

Nur Hidayah *,

Abstract


Kondisi yang memprihatinkan muncul di POS PAUD Ngerboh I Wonosari  adalah kurangnya keterampilan care giver dalam memberikan layanan pada anak usia dini. Sebagaimana yang terdapat di PAUD Gunung Kidul, para care giver berasal dari ibu rumah tangga yang mempunyai waktu luang dan bekerja secara suka rela tanpa mempunyai ketrampilan dan latar belakang pendidikan di bidang anak usia dini. Oleh karena itu pendidikan dan layanan perawatan anak-anak di PAUD perlu ditingkatkan lewat penambahan dan perluasan pengetahuan para pengasuh (care giver) dalam rangka meningkatkan kualitas layanan PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan care giver dalam penggunaan APE melalui metode demonstrasi, yang dilihat dari proses maupun hasil.

Penelitian tindakan ini mengambil subyek penelitian para care giver di POS PAUD Ngerboh I Wonosari yang berjumlah 6 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus selama 8 bulan keseluruhan. Kedua siklus memberikan tindakan penerapan metode demonstrasi dalam penggunaan APE selama pembelajaran di PAUD dengan beberapa variasi kegiatan yang terdapat di dalamnya. Masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara  pengamatan, wawancara, dan tes kemampuan care giver. Instrumen yang digunakan adalah human instrument, catatan lapangan, lembar observasi, tes,  dan lembar refleksi. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas demokrasi, validitas proses, dan validitas dialogis.

Temuan yang diperoleh dari penelitian tindakan ini adalah suatu realita yang terdapat di pembelajaran PAUD Ngerboh I Wonosari menunjukkan adanya peningkatan keterampilan care giver dalam menggunakan APE melalui metode demonstrasi. Hal ini dibuktikan dengan Sebagian besar care giver (80 persen dari total jumlah care giver) bahkan mampu memilih APE sesuai tema yang ingin disampaikan, serta membimbing anak mengembangkan kreatifitas (berpikir divergen) dalam menggunakan APE. Selain itu temuan lain yang muncul dalam penelitian ini adalah dengan diterapkannya metode demonstrasi dalam penggunaan APE, ternyata kualitas pembelajaran di POS PAUD Ngerboh I Wonosari menjadi semakin baik. Kegiatan anak semakin bervariasi dalam memilih dan memainkan berbagai jenis APE, sehingga suasana pembelajaran menjadi semakin menyenangkan.

 

Kata kunci : Keterampilan, Care Giver, APE


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v4i1.3425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats