KINERJA BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT (BKM) DALAM PENGAWASAN PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN DANA P2KP DI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL

Puji Rahayu *,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dalam pengawasan penggunaan dan pengelolaan dana BLM (Bantuan Langsung Mandiri) ekonomi bergulir P2KP di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Penelitian difokuskan pada kinerja BKM khususnya di bidang ekonomi yaitu pemberian modal usaha kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) terutama pada Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan P2KP tahap kedua di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, banyak program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan pemerintah, dan belajar dari pengalaman terdahulu di P2KP tahap pertama kurang efektif, diharapkan ada proses belajar dari masa lalu dalam hal perbaikan kinerja.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan strategi interpretative practice (pemahaman) yang menguak dan memberikan gambaran sebenar-benarnya tentang kinerja Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) terhadap pengawasan penggunaan dan pengelolaan dana P2KP di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Subyek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive yaitu Anggota BKM, anggota UPK dan anggota KSM. Sumber data yang digunakan adalah catatan wawancara, hasil pengamatan penulis, dan dokumen-dokumen penting BKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengecek validitas data digunakan teknik triangulasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data model interaktif.

Hasil dari penelitian ini adalah kinerja BKM dalam kelembagaan yang belum efektif, karena (1) belum adanya kerjasama antar anggota BKM disebabkan karena lemahnya pemahaman pengurus BKM mengenai fungsi dan peran mereka sebagai agen perubah dan pemberdayaan masyarakat, (2) belum ada kerjasama antara anggota BKM dengan kelompok masyarakat, (3) belum ada kerjasama antara kelompok masyarakat ataupun BKM dengan masyarakat ataupun pihak luar. Selain itu adanya kredit macet sangat besar karena kurang inisiatif dan kreatif dari dalam diri BKM itu sendiri dalam hal pengawasan dana P2KP baik itu dalam hal sosialisasi kepada KSM, penyaluran dana sehingga banyak yang tidak tepat sasaran dan ditemukan penyalahgunaan dana BLM dan BOP BKM, banyak faktor tersendat di Ketua KSM ataupun dari anggota KSM.

 

Kata Kunci: Badan Keswadayaan Masyarakat, Penanggulangan Kemiskinan, Kinerja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v3i1.3410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats