METODE TERAPI DAN REHABILITASI KORBAN NAPZA DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA

Puji Lestari *,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui secara mendalam metode pembinaan dan penyadaran korban penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotoprika, dan Zat Adiktif lainnya) di Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya Jawa Barat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif  deskriptif. Dengan penelitian ini diharapkan dapat mengungkap berbagai informasi kualitatif dengan deskripsi-analisis yang teliti dan penuh makna. Pada tiap-tiap obyek akan dilihat kecenderungan, pola pikir, ketidakteraturan, serta tampilan perilaku dan integrasinya sebagaimana dalam studi kasus genetik. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan dan penyadaran korban penyalahgunaan NAPZA melalui metode Zikrullah. Zikrullah dimaksudkan sebagai alat penenang hati, penyembuhan segala penyakit hati, pembersih hati, dan sebagai alat peningkatan iman kepada Allah. Adapun materi rehabilitasi meliputi mandi malam atau mandi taubat, shalat-shalat wajib dan sunah, zikir, membaca Alqur’an, riyadlah, pengajian rutun mingguan dan bulanan, do’a-do’a, dan pembelajaran tentang keilmuan seperti Fiqh, Tauhid, Akhlak, dan Tashawuf.

 

Kata Kunci: PP Suryalaya, Inabah, Rehabilitasi, NAPZA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v6i1.3367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

View My Stats