PELAKSANAAN KEGIATAN PRAMENYIMAK DAN PASCAMENYIMAK DALAM PRAKTIK MENYIMAK KULIAH MAHASISWA PBSI FBS UNY

Nurhidayah -, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kualitatif pelaksanaan kegiatan pembelajaran keterampilan menyimak kuliah mahasiswa PBSI FBS UNY dengan pemaksimalan penerapan kegiatan pramenyimak (pre listening) dan pascamenyimak (post listening). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester I program studi PBSI FBS UNY yaitu kelas A dan G. Tempat penelitian ini adalah seluruh wilayah FBS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi pertisipan (participant observer). Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen inti dengan bantuan instrumen lain berupa catatan lapangan dan wawancara tidak terstruktur. Kredibilitas data dalam penelitian ini dicapai dengan trianggulasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kegiatan pramenyimak (prelistening) yang dilakukan sebelum menyimak kuliah adalah: (1) diskusi, (2) membuat pertanyaan tentang topik (quest ion), dan (3) membaca sekilas (skimming) bacaan yang terkait dengan topik. Adapun kegiatan pascamenyimak (postlistening) yang dilakukan oleh mahasiswa adalah (1) menulis esai singkat (short written texts), (2) membuat ringkasan materi, (3) analisis kebahasaan (language work), (4) menggunakan kosakata tertentu yang baru dipahami untuk mengungkapkan gagasan (vocabulary work), (5) berdiskusi tentang materi yang sudah dipahami melalui kegiatan menyimak kuliah (group sharing), dan (6) membaca bacaan yang relefan dengan materi (reading). Pelaksanaan kegiatan pramenyimak (prelistening) dan (postlistening) baik berdasarkan kuantitas maupun kualitasnya belum maksimal. Pelaksanaan kegiatan pascamenyimak (postlistening) dapat terlaksana secara efektif jika dikemas dalam sebuah rangkaian tugas. Jika tidak demikian, pelaksanaan hanya dilakukan oleh mahasiswa tertentu yang berminat dan mahasiswa lain bertindak semaunya sendiri.

Kata Kunci: menyimak komprehensi, kegiatan pramenyimak (pre-listening), kegiatan pascamenyimak (post-listening)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v23i1.6624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi

 

Our Journal has been Indexed by:

  

  

   

Diksi Journal is published by the Faculty of Languages and Arts Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

Supervised by:


 
Translator
 
View My Stats