DINAMISASI KARAKTER PEREMPUAN JAWA MODERN DALAM IKLAN

Mulyana -, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menginterpretasikan bentuk proposisional wacana iklan dan dinamisasi citra perempuan Jawa modern dalam media iklan di media massa. Citra perempuan Jawa modern yang dimaksud adalah gambaran dan harapan sosok dan kemampuan seorang perempuan Jawa modern yang diidamkan. Hanya saja, citra itu terbatas pada iklan di media massa. Ini berarti hasil pencitraan dengan sendirinya bersifat relatif. Data diambil dari media massa cetak dan elektronik. Pengambilan data dilakukan di wilayah Yogyakarta, selama kurun waktu 6 bulan, dengan pengambilan sampel secara insidental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk proposisional iklan bersifat persuasif dan berisi: proposisonal deklaratif, proposisional interogatif, proposisional imperative, dan proposisional eksklamatif. Sementara itu pencitraan perempuan Jawa modern tergambar dalam lima citra: pandai mengatur rumah, pandai berbelanja, pandai menjaga kecantikan, pandai menjaga penampilan, dan pandai mengurus keluarga.

Kata kunci: citra perempuan, wacana iklan, proposisional wacana


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v23i1.6623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi

 

Our Journal has been Indexed by:

  

  

   

Diksi Journal is published by the Faculty of Languages and Arts Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

Supervised by:


 
Translator
 
View My Stats